Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infiniti Indonesia Gantung Harapan pada QX80

Kompas.com - 18/03/2016, 13:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Performa Infiniti di Indonesia tidak gemilang seperti merek mobil mewah lain. Tahun lalu, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualannya cuma sembilan unit dan dua bulan pertama 2016 ini baru laku satu unit.

Model yang dijual di Indonesia tergolong banyak, seperti 850, 870, Q50 Hybrid, Q60 Coupe, QX80, dan QX70. Tetapi, yang dibeli masyarakat hanya dua tipe, yaitu Q50 dan QX80. Lantas, bagaimana dengan target penjualan tahun ini?

Ida Bagus Dharmayana, Deputy Director Marketing & Sales Nissan Motor Indonesia (NMI) yang juga membawahi merek Infiniti, menjelaskan, tahun ini fokus di QX80. Sedangkan untuk tipe lain masih dipelajari kebutuhannya.

“Sepertinya model Sport Utility Vehicle (SUV) lebih disukai. Jadi kita lihat perkembangan QX80 dulu,” kata Ida kepada KompasOtomotif, Kamis (17/3/2016).

Pasar mobil mewah di awal tahun ini, kata Ida, belum menunjukan peningkatan yang signifikan. Grup Nissan di Indonesia wajib memperhitungkan langkah dengan tepat demi menjaga rencana bisnis yang realistis.

Febri Ardani/KompasOtomotif SUV atas Infiniti QX80 meluncur di Jakarta, Rabu (7/10/2015). Harganya Rp 2,599 milar.

“Secara keseluruhan pasar SUV memang naik, tetapi untuk yang segmen mewah jumlahnya relatif kecil kontribusinya, sehingga harus hati-hati memonitor bulan demi bulan,  karena QX80 dan sekelasnya bukan kendaraan utama harian, lebih banyak sebagai additional dan untuk image saja,” ungkap Ida.

QX80 merupakan SUV premium yang diluncurkan Infiniti Indonesia pada Rabu (7/10/2015) di Jakarta. SUV bermesin V8 5.6-liter ini saat itu dijual Rp 2,599 miliar. Banderol tersebut sudah termasuk garansi tiga tahun (tanpa batasan kilometer) dan 24 jam bantuan jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com