Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemungkinan Ducati Scrambler Naik Kelas

Kompas.com - 17/02/2016, 17:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Bologna, KompasOtomotif – Ducati meletakkan satu petunjuk baru yang menggiring spekulasi bahwa model Scrambler bisa naik kelas dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Kemungkinannya sangat besar, terutama menggunakan mesin 1.100 cc yang familiar untuk line up Ducati lainnya.

Project Manager Ducati Federico Sabbioni saat berbicara dengan Visordown (16/2/2016), dalam peluncuran Scrambler Sixty2 di Barcelona, Spanyol, memberi bocoran bahwa kemungkinan tersebut sangat besar untuk bergabung dengan keluarga besar.

”Kami punya mesinnya, dan ada kesempatan untuk sesuatu yang lebih besar. Kita akan lihat, karena kami punya banyak ide dan hal tersebut sudah ada dalam pemikiran kami,” ucap Sabbioni.

Kendati demikian, jangan bermimpi mesin Panigale 1.100 cc yang bertenaga 200 tk itu akan dipasangkan pada Scrambler. Sabbioni mengatakan bahwa jika toh ada derivasi produk dengan mesin lebih besar, rohnya akan sama, menggunakan mesin dua katup berpendingin udara.

”Saya rasa kami akan melanjutkan mesin seperti itu (seperti milik Scrambler). Kami sudah pernah membuat berbagai variasi mesin degan tipe ini, jadi banyak ruang untuk pengembangan. Kemungkinan menaikkan cc dari 800 sangat besar,” ujar Sabbioni.

Saat ini, mesin bertipe Desmodue itu hanya dipasangkan pada Scrambler. Tapi jika dirunut ke belakang, mesin 1.100 cc Desmodue Evoluzione pernah terpampang pada Monster EVO meski harus dikontinyu pada 2013.

Bisa jadi, mesin Monster EVO itu akan menjadi ”bahan” yang akan dikembangkan Ducati, terutama untuk memenuhi tuntutan emisi sepeda motor di Eropa yang minimal meraih standar EURO4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com