Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siap Miliki Daihatsu Seutuhnya

Kompas.com - 30/01/2016, 08:15 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif
– Toyota Motor Corp, produsen mobil terbesar di dunia, saat ini memiliki saham Daihatsu Motor Co sebesar 51,2 persen. Rencananya, Agustus 2016, produsen asal Jepang itu kembali mengakuisisi saham Daihatsu senilai US$ 3 miliar atau setara dengan Rp 41,1 triliun.

“Kita melihat ini sebagai kesempatan yang sempurna, karena bisa meningkatkan Daihatsu sebagai merek yang memiliki standar global,” kata Presiden Daihatsu, Masanori Mitsui, seperti dilansir laman Reuters, Sabtu (30/1/2016).

Tak hanya itu, nantinya mobil Daihatsu akan dengan mudah mengadopsi teknologi terbaru yang dikembangkan oleh Toyota di masa mendatang. Bahkan, bakal difokuskan menggarap segmen mobil kompak.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Daihatsu Hinata

Fokus di mobil kompak

Rencananya, Toyota akan menjadikan Daihatsu sebagai produsen yang ahli memproduksi mobil kompak dan siap dikembangkan di pasar negara berkembang. Toyota menilai, mobil kompak belakangan ini cukup berkembang, karena pertumbuhan ekonomi dan masalah lalu lintas.

Akuisisi Toyota dengan Daihatsu ini sudah terjadi sejak 1999. Saat itu, Toyota membeli saham Daihatsu 51 persen. Sebelum mengakuisisi, keduanya sudah mulai melakukan kerjasama pada 1967 silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com