Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Investasi Toyota untuk Innova dan Fortuner Baru?

Kompas.com - 26/01/2016, 19:14 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Karawang, KompasOtomotif - Demi memuluskan produksi dan peluncuran Toyota All-New Fortuner dan Innova, Toyota Indonesia menggelontorkan investasi yang tidak sedikit. Tercatat sekitar Rp 4,9 triliun dana segar diguyur agar proyek seri Innovative Internatinonal Multi Purpose Vehicle (IMV) terbaru itu.

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan bahwa investasi sebesar itu disebar untuk semua kebutuhan yang terkait produksi,

"Semua kita ubah, mulai fasilitas, pengembangan sumber daya manusa, peralatan, hingga model development. Untuk riset dan pengembangan, investasinya berbeda," ujar Warih di sela kunjungan media ke pabrik TMMIN di Karawang, (26/1/2016).

Warih menyatakan, produksi All-new Fortuner merupakan kelanjutan dari komitmen perusahaan untuk menyediakan produk otomotif berkualitas global. Apalagi, pbrik Toyota di Karawang, Jawa Barat, merupakan salah satu basis produksi dan ekspor IMV di kawasan Asia Pasific.

Selain itu, dana pengembangan proyek tersebut juga berkontribusi pada peningkatan jumlah pemasok lokal. Jika sebelumnya hanya 107 perusahaan tier satu, kini naik drastis menjadi 123 perusahaan.

Ini juga yang membuat All-New Fortuner punya kandungan lokal yang semakin tinggi, naik dari 60 persen pada model lama menjadi 75 persen di generasi terbaru.

Secara total, Warih menyebut ada 97 varian Innova dan Fortuner, atau disebut Katasiki. Varian dalam hal ini berarti ada perbedaan pernik, misalnya door trim fabric atau leather, berdasarkan permintaan konsumen di pasar ekspor dan domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com