Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Pembunuh” Toyota Prius dari Semenanjung Korea

Kompas.com - 08/01/2016, 17:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber jalopnik

Seoul, KompasOtomotif – Seminggu terakhir, Hyundai benar-benar bikin penasaran dengan produk Ioniq, mobil berteknologi plug-in hybrid yang akan diposisikan sebagai pesaing serius Toyota Prius. Paling baru, bocoran pun datang menampilkan buntut Ioniq, melengkapi data teknis yang sudah dirilis.

Sebagai mobil hibrida, Ioniq dibekali paket mesin 1.600 cc yang diklaim lebih efisien 40 persen dari mesin setara, berkat langkah piston yang panjang. Improvisasi lain, rekayasa kepala silinder yang blok yang menghasilkan pendinginan baik. Lalu, injeksi langsung bertekanan 200 bar melalui enam lubang injektor.

Mesin baru itu sanggup mengirim tenaga 105 tk dan torsi 146 Nm. Tenaga itu akan berkolaborasi dengan motor elektrik yang bertenaga 43,5 tk dan torsi 179 Nm. Tenaga disalurkan melalui transmisi 6-percepatan kopling ganda.

Di balik semua penerapan itu, orang akan mencari satu hal dari mobil hybrid, yakni irit pemakaian bahan bakar. Hyundai mengklaim Ioniq cuma mengonsumsi bahan bakar 1 liter untuk jarak 22,5 km. Angka ini berdasarkan hasil uji di Amerika Serikat.

Jalopnik Interior, mirip mobil kebanyakan.
Rancang bangun mobil ini menggunakan material paduan antara besi dan aluminium. Paket baterai lithium-ion diletakkan di bawah kursi belakang untuk tetap membuat rendah, ditambah dengan atap dan buntut aluminium.

Suspensi belakang menggunakan dual-lower arm multilink system, yang membuat pengendalian mirip seperti mobil balap.

Di dalam? Ada aksen biru di sekitar kabin. Suasananya tidak menunjukkan kalau sedang berada di dalam kabin mobil hybrid. Tempat meletakkan botol dan gelas cukup untuk ukuran minuman yang lebih besar.

Sabar, Ioniq akan debut pada Geneva Motor Show, Februari 2016 mendatang. Jika sudah diluncurkan di Korea Selatan, mobil ini akan mulai menjangkau Eropa dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com