Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu "Ganteng" Ertiga Dreza, Veloz, Mobilio RS, dan Spin Activ

Kompas.com - 08/01/2016, 15:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Dibandingkan dengan Toyota, Honda dan Chevrolet, Suzuki paling akhir menghadirkan varian tertinggi disegmen kendaraan multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV). Dreza mengisi segmen termewah Ertiga bersaing dengan Grand New Veloz, Mobilio RS, dan Spin Activ di Indonesia.

Sebelumnya KompasOtomotif sudah membandingkan semua model tersebut dari sisi harga. Kali ini giliran membahas soal desain ekterior dan interior dari masing-masing model.

Suzuki New Ertiga Dreza

Aditya Maulana, KompasOtomotif Suzuki New Ertiga Dreza resmi diluncurkan Kamis (7/1/2016) di Jakarta.
Kita mukai dari model yang baru saja dikuncurkan, iDreza dan Dreza GS untuk eksteriornya memiliki desain bemper baru, gril berlapis krom, dan lampu LED membuat wajah Ertiga jadi bikin "pangling". Pelek masih setia dengan ukuran 15 inci, tetapi desainnya baru, senada menunjang ubahan pada bagian wajah.

Dreza GS, ada sentuhan tambahan berupa New Ring Chrome, New Guard Side Sill Splash, dan New Design Fog Lamp Bezel.

Di belakang, ubahan relatif terjadi hanya pada bagian bemper. Beberapa sentuhan, seperti emblem baru "Dreza". Spoiler belakang desainnya baru, juga dilengkapi lampu rem. Sedangkan untuk tipe GS, ada tambahan sentuhan krom di beberapa tempat.

Masuk ke interior, nuansa premium coba diperlihatkan dengan sentuhan panel kayu di dasbor dan door trim, bergaya mobil Eropa. Jok mengombinasikan dua warna, coklat dan coklat tua, termasuk pemilihan bahan berpola baru. Pada Dreza GS, sistem hiburan dan pusat informasi tersedia dengan layar sentuh sembilan inci. Alat ini sudah terintegrasi sistem navigasi, dengan kualitas gambar High Definition (HD) yang mampu terkoneksi dengan piranti lain berbasis sistem Android atau iOS.

Honda Mobilio RS

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Honda Mobilio RS

Sekarang membahas eksterior dan interior Honda Mobilio RS. Secara tampilan Honda menyebutnya mendapat sentuhan dinamis dan elegan, serta interiornya mewah, juga dilengkapi fitur-fitur teknologi untuk meningkatkan gaya berkendara.

Dibandingkan Mobilio tipe lainnya, RS ini hadir dengan Tailgate Spoiler yang juga dilengkapi LED High Mount Stop Lamp, Sporty Side Under Spoiler yang mampu memberikan tampilan lebih dinamis, pelek alloy 15 inci. Tampilan depan mendapatkan desain bemper sporty dan desain grill yang dipoles krom.

Tampilan belakangnya terdapat antena sirip hiu dan New Rear Chrome License Garnish.

Sementara interiornya, sistem audio menggunakan layar sentuh ukuran tujuh inci yang mampu memutar CD/DVD Player, iPod, iPhone, Android Miroring, USB Port, dan DHMI. Menariknya sudah terdapat reat parking camera yang tidak ada di Ertiga New Dreza.

Nuansa kabinnya selain dibuat elegan juga dilengkapi dengan Tweeter Speakers, dan Audio Steering Switch.

Toyota Grand New Veloz

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz

Toyota Grand New Veloz ini secara desain eksterior dan interior memiliki tampilan yang lebih menarik ketimbang varian Avanza. Mulai dari tampak depan, lubang angin bawah terlihat menyatu dengan grill, peleknya tetap sama dengan Ertiga New Dreza dan Mobilio RS, yakni 15 inci. Veloz memiliki backdoor garnish dan lampu belakang sedikit gelap (smoke color).

Interiornya, sama seperti Mobilio RS, Veloz juga dibuat dengan sentuhan serba hitam dan terdapat head unit model 2DIN.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com