Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kustom" Audio Ibarat Karya Seni Penuh Imajinasi

Kompas.com - 28/12/2015, 16:39 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memasang audio dengan cara kustom di bagasi belakang tidak sembarangan. Selain butuh keterampilan khusus, ada teknik dan cara agar pemasangan lebih rapi, bernilai seni, hingga timbul suara yang harmoni.

Menurut Heri Midianto, pemilik toko The Art of Sound di Sentra Otomotif Pasar Inpres Duren Sawit, Jakarta Timur, (28/12/2015), tidak banyak orang yang bisa mengkustom audio dengan sejumlah teori yang diterapkan.

”Ini sebuah seni, membutuhkan keterampilan, juga imajinasi. Tidak banyak orang yang bisa. Pengerjaannya juga butuh ketelitian, minimal empat hari, bisa sampai seminggu lebih, tergantung model dan spesifikasi audio yang diminta,” ujar Heri.

Teori khusus
Selain mempertimbangkan soal estetika, memasang audio kustom juga butuh teori lain yang mempertaruhkan kualitas suara. Penataan yang seimbang dan tidak ”asal tempel” menjadi kunci agar suara yang dihasilkan peranti baru tak bikin malu.

”Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari pemakaian jenis subwoofer, speaker,  dan komponen lain. Meletakkannya juga ada hitung-hitungan khusus. Ada yang kustom audio bagus, tapi suara istilahnya ’nggak nemu’,” ucap Heri.

Berbagai tahapan dan kesulitan itu, wajar jika pemasangan kustom audio dikenai ongkos jasa yang cukup tinggi. Jenis sederhana saja bisa mencapai Rp 2,5 juta, belum termasuk peranti sound system.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com