Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Grand Livina Terbaru ”Sedang Dibikin”

Kompas.com - 21/12/2015, 16:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) saat ini tak bisa lagi mengandalkan Grand Livina. MPV 7-seater itu memang masih menjadi salah satu tulang punggung, namun tak sekuat dulu. Bahkan belakangan X-Trail menjadi tulang punggung baru.

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bisa jadi acuan. Selama 11 bulan 2015, Livina terjual 7.646 unit. Angka itu sedikit di atas X-Trail yang meroket sampai 7.495 unit pada Januari-November 2015.

Tanda-tanda lesunya Grand Livina sudah muncul pada 2014, sepanjang tahun model ini terjual 15.716 unit atau turun 44 persen. MPV yang diproduksi di Indonesia ini tetap jadi model terlaris Nissan, tapi penurunannya memengaruhi total penjualan NMI 2014 yang mencapai 33.287 unit.

Singkat kata, model ini benar-benar butuh penyegaran. Persaingan yang makin sengit di segmen MPV 7-penumpang, ditambah maraknya perang diskon dan lesunya pasar, mau tak mau membuat Livina yang sudah berusia delapan tahun itu bereinkarnasi.

Tak sekadar facelift atau ganti model lampu, namun butuh beberapa perubahan pada elemen penting yang mampu meningkatkan daya saing. ”Sabar saja, sedang dibikin,” kata Presiden Direktur NMI, Stephanus Ardianto, Sabtu (19/12/2015).

Mendukung pernyataan Steve, Budi Nur Mukmin, GM Marketing Strategy and Product Planning NMI, pernah menyinggung belum lama ini, bahwa menyegarkan desain Grand Livina bisa membantu memperbaiki penjualannya.

Dikatakan Budi saat itu, model baru bakal hadir ”tidak lama lagi”, rujukannya keluar setelah tahun fiskal berakhir atau lewat dari Maret 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com