Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Ambisi Rio Haryanto Saat Mulai Balapan di F1

Kompas.com - 18/12/2015, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Saat ini, Rio Haryanto masih menunggu hasil verifikasi dari pihak Federation Internationale de L’automobile (FIA). Ia berharap dalam satu atau dua pekan ke depan sudah ada kabar, yakni resmi masuk dalam tim F1 Manor.

Jika nanti masuk dalam tim F1 Manor, pebalap berusia 22 tahun ini memiliki target yang cukup tinggi. Meski tidak menyebutkan peringat berapa, tapi ia akan berusaha semaksimal mungkin dan siap memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

“Saya ingin terus belajar sebanyak mungkin, karena balapan F1 ini sangat rumit dan satu tahun balapannya ada 21 kali. Saya harus terus berprestasi untuk bisa mendapatkan poin,” ujar Rio kepada KompasOtomotif di acara Award Ikatan Motor Indonesia (IMI) 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2015) malam.

Rio menambahkan, jika nanti verifikasinya diterima, artinya ia baru pertama kali balapan di F1. Maka dari itu, ia belum berani menentukan target posisi. Tapi ia berjanji akan terus berusaha semaksimal mungkin menjadi yang terbaik untuk Indonesia.

Tentang Manor

Tak hanya itu, Manor itu sendiri menurut Rio, menjadi salah satu tim di F1 yang namanya sedang melambung dalam beberapa tahun kebelakang. Apalagi tahun depan, Manor akan bekerjasama dengan Mercedes-Benz dan Williams.

“Jadi mudah-mudahan paket mobilnya akan jauh lebih bagus dibandingkan tahun sebelumya,” kata Rio.

Saat ini, untuk mewujudkan harapannya berlaga di balapan Formula 1 (F1), Rio telah mendapatkan bantuan besar berupa surat garansi dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi.

Surat garansi tersebut menjamin bahwa Menpora siap membantu memenuhi kebutuhan dana 15 juta euro atau setara dengan Rp 225 miliar untuk bisa masuk F1 bersama tim F1 Manor.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com