Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha NMAX Makin Melejit di "Dunia Sendiri"

Kompas.com - 13/11/2015, 09:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha di Indonesia boleh kehilangan segmen sport, satu-satunya yang dikuasai, pada penjualan periode Oktober 2015. Namun ada salah satu produk yang menjadi ”lentera” dengan penjualan yang di luar dugaan terus melejit. Ya, dia adalah skuter bongsor NMAX.

Pelan-pelan sejak pertama kali dikenalkan Februari 2015 silam, permintaan untuk model ini belum surut, bahkan pemesanan semakin menumpuk. Pada periode Oktober, NMAX terjual 20.023 unit termasuk ekspor. Untuk pasar domestik saja sudah berpindah tangan konsumen sebanyak 15.199 unit.

Jumlah itu menurut Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Masykur diprediksi terus meningkat seiring dengan stabilnya produksi model ini di pabrik Yamaha Pulogadung, Jakarta.

”NMAX memang fenomenal. Ada peningkatan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Unik memang, di saat pasar sedang lesu dan demand (permintaan) menurun, NMAX justru naik,” kata Masykur kepada KompasOtomotif, Kamis (12/11/2015).

Bahkan, kata Masykur, NMAX dijadikan model alternatif para pengguna setia Yamaha. Misalnya, orang-orang yang sudah puas memakai V-ixion di masa mudanya, mulai ingin lebih bersantai di jalan memakai skuter yang memberikan feeling lebih nyaman.

Tentu saja, permintaan yang banyak berbuntut inden. Masykur menyadari hal itu, namun dirinya mengatakan bahwa konsumen masih sabar menunggu, karena inden tidak selama saat pertama kali meluncur.

Hingga saat ini, NMAX secara total terjual lebih dari 86.000-an unit, diraih dalam sembilan bulan. Meski punya pesaing, Honda PCX 150, namun NMAX seakan bermain di dunianya sendiri, tanpa ada siapa pun yang menggangu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com