Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Baik Beli Mobil di Diler, Merek Ini Jagonya

Kompas.com - 16/11/2015, 19:09 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Singapura, KompasOtomotif – Mitsubishi dan Daihatsu menempati posisi tertinggi di antara merek lain di Indonesia dalam hal memberikan kepuasaan saat proses pembelian serta pengiriman kendaraan baru. Inilah hasil survei J.D. Power yang merilis hasil studi tentang kepuasan konsumen saat membeli mobil dari diler, Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) untuk segmen Mass Market 2015.

Dua merek Jepang itu masing-masing mendapatkan nilai 780 bersama-sama menempati posisi tertinggi di antara merek mobil lainnya. Kinerja Mitsubishi secara khusus baik di semua faktor kecuali waktu pengiriman, sementara Daihatsu memiliki kinerja baik di inisiasi penjualan dan waktu pengiriman. Datsun menempati posisi ketiga dengan nilai 773.

Studi yang telah memasuki tahun ke-15 ini melihat enam faktor yang memengaruhi kepuasan pemilik kendaraan baru dengan pengalaman pembelian mereka. Berurutan dari yang terpenting, waktu pengiriman, proses pengiriman, tenaga pemasaran, inisiasi penjualan, fasilitas diler, dan transaksi. Kepuasan diukur dalam skala 1.000 dengan nilai yang lebih tinggi menandakan kepuasan lebih baik.

Di antara pelanggan yang memilih diler berdasarkan reputasinya atau kedekatan pribadi dengan diler, kepuasan pengalaman beli mencapai 10 poin lebih tinggi dari yang memilih diler berdasarkan promosi penjualan dan ketersediaan model.

Sementara itu, persentase yang mendapatkan potongan harga (diskon) meningkat 85 persen pada 2015 dari 70 persen pada 2014. Selain itu, sembilan dari 10 pelanggan mengindikasikan penerimaan bonus, seperti aksesori gratis dan perpanjangan gratis untuk garansi ketika menyelesaikan proses akhir penjualan.

Indonesia SSI Study 2015 adalah studi berdasarkan respons dari 2.454 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka di antara September 2014 dan Juni 2015. Studi  dilakukan antara Mei hingga Oktober 2015 dan mengukur kepuasan pemilik kendaraan baru dengan pengalaman penjualan dan pengiriman dari diler-diler resmi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com