Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kejar 90 Persen Model Berteknologi "Hijau"

Kompas.com - 15/10/2015, 11:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Level pencemaran udara yang setiap tahunnya semakin tinggi menjadikan para produsen otomotif terus berinovasi melahirkan produk ramah lingkungan. Sebenarnya, fokus ini sudah terjadi beberapa tahun lalu, buktinya mulai bermunculan mobil-mobil bermesin hibrida, listrik, dan sejenisnya. Tapi, jumlah mobil berteknologi "hijau" ini masih dalam skala kecil jika dibandingkan populasi kendaraan konvesional.

Raksasa otomotif dunia, Toyota seperti diberitakan Worldcarfans dari keterangan resminya, Kamis (15/10/2015) menyatakan fokus untuk mengembangkan teknologi dan mobil ramah lingkungan. Targetnya, pada 2050 mendatang, 90 persen mobil yang dijualnya sudah ramah lingkungan.

Kendaraan ramah lingkungan yang akan dibuat Toyota seperti bermesin listrik, hibrida hingga berbahan bakar hidrogen seperti Toyota Mirai. Bahkan di 2020 mendatang, produsen otomotif asal Jepang itu ingin menjual lebih dari 1,5 juta kendaraan hibrida dan 30.000 lebih mobil hidrogen.

Car Advice Sistem gerak Toyota Prius.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan Toyota dalam waktu dekat ini adalah bekerjasama dengan sejumlah pemerintahan negara lain untuk mempromosikan kendaraan ramah lingkungan dan mengembangkan infrastruktur hydrogen di sejumlah negara berkembang.

Ketika memasuki 2050 mendatang, Toyota bertekad untuk menghapus mobil berbahan bakar bensin dan solar. Semua kendaraan terbarunya di masa yang akan datang sudah ramah lingkungan.

Toyota sendiri saat ini sudah memiliki jajaran produk ramah lingkungan yang tergolong banyak. Salah satu contohnya adalah Prius dan terakhir Mirai. Kedua model itu berhasil diterima baik oleh masyarakat dunia, buktinya dari angka penjualannya terus melambung. Pada 2020, Toyota juga menargetkan Prius bisa terjual 1,5 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com