Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mobil Sejuta Umat" Toyota Kembali Jadi Idola

Kompas.com - 14/09/2015, 08:32 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Belum genap sebulan setelah peluncurannya, pertengahan Agustus lalu Toyota Avanza sudah berhasil terjual 16.400 unit. Sementara sepanjang Agustus total penjualan wholesale Toyota mencapai 31.991 unit.

Informasi ini disampaikan Rahmat Samulo, Direktur Pemasara PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada KompasOtomotif, Jumat (11/9/2015). "Hasil penjualan Avanza ini hanya terhitung setengah bulan sejak kami luncurkan. Selain itu, model lama juga sempat kehabisan barang," kata Samulo.

Bulan lalu, kata Samulo, total pasar mobil nasional diprediksi berkisar 90.000-an unit. Dengan hasil ini, maka Toyota menguasai pangsa pasar 35,5 persen. Di sisi lain, Samulo menyambut baik hasil penjualan yang berhasil diraih Grand New Avanza.

Penantian konsumen terhadap model baru ini cukup terbayarkan lewat hasil penjualan yang menjanjikan dalam kurun waktu setengah bulan di Agustus lalu.
"Dari total penjualan, kalau dirinci 9.500 unit itu adalah Avanza sedangkan 6.700 unit itu disumbang Veloz," kata Samulo, melanjutkan.

Dengan hasil ini, maka total penjualan Toyota sepanjang delapan bulan pertama tahun ini tercatat 208.439 unit, masih turun 26 persen dari periode sama tahun sebelumnya 282.376 unit.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com