Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Ini yang Bikin Suzuki Ciaz Tampil Beda

Kompas.com - 08/09/2015, 08:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah sembilan tahun absen, Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 bakal mencoba lagi masuk ke pasar sedan dengan memasarkan Ciaz. Mobil ringkas itu rencananya bakal diluncurkan November mendatang, sebagai pendatang baru Ciaz punya beberapa hal yang tidak dimiliki model Suzuki lainnya di Indonesia.

Dimulai dari desain eksterior, model Suzuki dengan atap rendah seperti Ciaz terakhir bisa dilihat pada sedan Baleno yang berhenti diproduksi di dalam negeri pada 2007. Ciaz akan menjadi satu-satunya model “berbuntut” milik SIS.

Febri Ardani/KompasOtomotif Koneksi ponsel ke headunit Suzuki Ciaz.
Hery Purwoko, Instructor Technical Training Service SIS, Senin (8/9/2015), menjelaskan Ciaz punya dua fitur baru buat Suzuki di Indonesia, yaitu koneksi headunit ke ponsel via Bluetooth dari kemudi dan sistem buka bagasi menggunakan kunci remote.

Stanly Ravel/Otomania Kemudi Suzuki Ciaz punya tombol pengatur bluetooth dan telepon.
Sebagai model flagship, sedan segmen C ini dirancang mewah. Di kabin, headunit built-in dengan Bluetooth memungkinkan pengemudi mengangkat panggilan telepon lewat sentuhan tombol yang ada dikemudi.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kunci Suzuki Ciaz dilengkapi dengan tombol pembuka kap bagasi.
Bila diperhatikan dari luar, Ciaz tidak punya lubang kunci untuk membuka kap bagasi. Ada tiga cara mendapatkan akses ke bagasi, dua yang utama yaitu menekan tombol khusus pada kunci remote dan menekan tombol di bawah dasbor.

Stanly/Otomania Bagasi Suzuki Ciaz
Kap bagasi juga bisa dibuka manual dengan menarik tuas di bawah jok belakang sebelah kiri. Cara terakhir ini bisa jadi solusi bila pengoperasian lain bermasalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com