Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Calon Arsitek Dunia Perombak Sentul untuk MotoGP

Kompas.com - 07/09/2015, 10:25 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


Bogor, KompasOtomotif
- Pihak manajemen Sirkuit Sentul sudah mengumumkan kalau proses pemugaran akan dilakukan mulai awal 2016. Supaya efektif, rencana renovasi lintasan balap sepanjang 4,12 km dan 11 tikungan ini bakal mendapat masukan dari tiga kandidat desainer sirkuit kawakan.

Ketiga desainer ini sudah mendapatkan rekomendasi dari pihak penyelenggara MotoGP, Dorna. Mereka, bahkan sudan sempat datang ke Indonesia, masing-masing dengan kelebihan dan pengalaman yang dimiliikinya masing-masing. Lantas siapa saja mereka, simak penjabaran berikut ini:

Hermann Tilke

Desainer asal Jerman ini merupakan mantan pembalap, sekaligus insinyur. Kemampuannya dalam merekayasa trek lurus, tikungan, sampai fasilitas sirkuit Formula 1 sudah tidak perlu diragukan. Nama-nama sirkuit besar, seperti Sepang di Malaysia, Sakhir (Bahrain), Shanghai International Circuit, Istanbul Park Racing Circuit, Valencia Street Circuit, Marina Bay Street Circuit, Yas Marina Circuit, Korea International Circuit, dan Buddh International Circuit (India) merupakan hasil karya tangan dinginnya.

sentulinternationalcircuit.com Lay-out Sirkuit Internasional Sentul

Jarno Zaffelli

Pria berkebangsaan Italia ini merupakan pemilik sekaligus pendiri rumah desain Dromo Racetrack Design. Dengan latar belakang sarjana teknik, desainer ini dikabarkan telah menyiapkan desain model tiga dimensi untuk renovasi Sirkuit Sentul. Zeffelli merupakan sosok di belakang suksesnya renovasi Sirkuit Mugello di Italia dan Termas de Rio Hondo di Argentina.

Dafydd Broom

Merupakan Direktur Desain di konsultan desain Apex Circuit Design Ltd, Inggris. Berlatar belakang sarjana teknik, Broom menjadi nama terakhir yang datang ke Indonesia, Juli lalu. Fokus utama konsultan ini adalah mendesain sirkuit sesuai standar FIA, FIM, dan CIK sebagai federasi balap internasional dunia.

Telah ditunjuk menjadi mitra FIA Institute sebagai penasihat sejak 2010, termasuk memberikan konsultasi terhadap fasilitas balap di negara-negara berkembang. Selain itu, perusahaan ini juga banyak membantu para pabrikan dunia, mengembangkan sirkuit tes sesuai kebutuhan klien.

Lantas siapa nanti yang akan bertanggung jawab penuh atas rencana renovasi Sentul, salah satu atau bahkan ketiganya akan ikut ambil bagian!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com