Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobkas Mewah Ikut Terhantam Dollar

Kompas.com - 02/09/2015, 18:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Kondisi nilai tukar rupiah yang melemah dibanding dollar Amerika Serikat (AS) bukan hanya memengaruhi pembelian mobil baru tapi juga mobil bekas (mobkas). Menurut Staff Marketing diler mobkas Dream Cars di WTC Mangga Dua, Agus Hariyanto, penjualan mobkas yang paling terkena dampak yaitu mobil-mobil Eropa dibanding Jepang.

Selama ini Dream Cars menjual model Eropa seperti merek BMW, Mercedes-Benz, dan Porsche, sedangkan untuk merek Jepang seperti, Toyota, Lexus, dan Nissan. Semua mobil yang dijual kelas menengah ke atas mulai dari model sedan, MPV medium, SUV, hingga mobil sport.

"Kalau untuk saat ini BMW atau Mercy pasarnya kurang bagus, karena itu kita mulai perbanyak mobil-mobil Jepang. Tapi sebenarnya dollar ini kan juga berpengaruh ke bisnis lain, bukan hanya otomotif, kita cenderung bertahan, main safety," kata Agus kepada KompasOtomotif, Rabu (2/9/2015).

Penjualan mobil Eropa lebih turun dibanding Jepang, kata Agus. Dalam sebulan volume penjualan mobkas Dream Cars dikatakan mencapai 14 unit, delapan di antaranya sekarang mobil Jepang.

"Perekonomian lagi simpang siur, pengaruh dollar agak lumayan. Kalau bisnis sekarang sih kita bertahan," ujar Agus 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com