Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jeroan Baru" Jadi Senjata Utama Grand New Avanza

Kompas.com - 07/08/2015, 18:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Teknologi mesin Dual VVT-i yang diemban Grand New Avanza dan Veloz rupanya didapuk PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai senjata utama pendongkrak nilai jual pada mata konsumen selain desain. Teknologi bukaan katup yang sudah diterapkan untuk model-model sedan Toyota itu akan dijadikan ikon baru sang "mobil sejuta umat".

Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo, Jumat (7/8/2015), dalam konferensi pers di Downtown Bistro, Jakarta, mengatakan bahwa teknologi baru pada mesin adalah satu concern Toyota untuk menciptakan mobil yang lebih ramah lingkungan.

"Ini merupakan keputusan terbaik, didesain khusus untuk Avanza. Jika dengan teknologi Dual VVT-i konsumsi bahan bakar semakin baik, maka emisi gas buang juga lebih rendah. Tenaga juga lebih baik," kata Samulo.

Teknologi ini sebelumnya sudah diterapkan pada Corolla Altis dan Camry. Dengan Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligent), waktu bukaan katup bisa disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Grand New Avanza menggunakan mesin berteknologi dual VVT-i yang diklaim lebih irit bahan bakar serta ramah lingkungan.
Kinerja

Sebelumnya, mekanisme ini hanya diterapkan pada katup masuk (intake) saja. Seiring perkembangan, katup buang (exhaust) juga ikut dikontrol. Pengaturan katup pada dua bagian itu membuat kinerja mesin lebih baik untuk mengatur suhu ideal.

Keuntungannya, tenaga dan torsi mesin segera tersedia. Demikian juga dengan catalytic converter, suhu lebih panas sehingga mampu bekerja maksimal menyaring gas buang agar semakin ramah lingkungan.

Selebihnya, saat dapur pacu sudah mencapai suhu kerja, pengaturan bukaan katup bisa disesuaikan dengan putaran mesin. Setelannya tentu berbeda saat harus bekerja dalam kondisi macet atau digeber dalam putaran tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com