Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Jurus Baru Nissan Rayu Konsumen ”Fleet”

Kompas.com - 21/05/2015, 09:49 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sabang, KompasOtomotif – Segmen fleet atau penjualan dalam jumlah banyak oleh perusahaan tertentu menjadi ranah baru yang sedang dibidik PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Andalannya adalah model kabin ganda, All-New Navara.

Tak mudah memasukinya, apalagi di tengah kondisi perekonomiaan yang lesu dan kuatnya para kompetitor yang sudah mengakar di segmen ini seperti Mitsubishi Strada Triton, Toyota Hilux, hingga Ford Ranger. Kendati demikian, hal tersebut tak menyiutkan nyali NMI. Lewat beberapa strategi, diharapkan segmen ini segera bisa digerogoti sedikit demi sedikit.

”Memang, kami mengakui ini (fleet) adalah dunia baru. Tapi kami meyakini ada satu karakteristik konsumen di segmen ini yang harus dipenuhi, yakni kepercayaan yang dibangun dari layanan purna jual,” ujar Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran dan Rencana Produk NMI dalam Ekspedisi Tanah Rencong All-New Navara, di Sabang, Nangroe Aceh Darussalam, Rabu (20/5/2015).

Setidaknya ada tiga strategi khusus yang dibeberkan Budi kepada KompasOtomotif. Pertama, harga suku cadang yang terjangkau. NMI berani menjamin harga suku cadang sangat bersaing dengan kompetitor. Kedua, memberikan jaminan ketersediaan suku cadang 1x24 jam. Jaminan ini akan memberikan rasa tenang konsumen saat kendaraan untuk bekerja mengalami masalah.

Ketiga, kontrak servis. NMI membuka konsumen untuk mendapatkan layanan khusus servis bergantung skema yang fleksibel. ”Misalnya, mendatangkan mekanik di lokasi mereka, tapi tentu akan melihat jumlah mobil yang mereka beli, lokasi, dan sebagainya. Pastinya akan banyak fleksibilitas,” ujar Budi.

Strategi tambahan yang tak kalah penting adalah customer retention management. Ini adalah soal bagaimana perusahaan menjalin hubungan dekat dengan konsumen. Hubungan ini bisa dibangun dengan kondusif dalam jangka waktu lama. Salah satunya adalah membuat gathering konsumen di berbagai daerah konsumen fleet.

”Soal produk, tidak ada keraguan. Banyak kelebihan pada All-New Navara, terutama soal teknologi. Namun kembali lagi, konsumen fleet tak semata-mata membeli karena teknologi, tapi karena kepercayaan pada layanan purna jual, dan kami berusaha memenuhi itu,” ucap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com