Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Patenkan Transmisi 11-Percepatan?

Kompas.com - 14/04/2015, 09:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Tak berapa lama setelah transmisi ZF 9HP 9-percepatan beredar di berbagai aplikasi otomotif, kini terobosan baru coba dikembangkan Ford Motor Company dengan melahirkan transmisi otomatis 11-percepatan.

Ternyata Ford telah mengajukan paten untuk teknologi itu sejak 4 Oktober 2013 dan baru diketahui setelah dokumen paten dipublikasi oleh U.S Patent and Trademark Office pada 9 April lalu.

Hal ini cukup mengejutkan. Pasalnya pabrikan asal Detroit, Amerika Serikat itu hanya mengatakan rencana mereka meluncurkan transmisi otomatis 10-percepatan pada pikap F-150 Raptor mulai 2017 mendatang.

Worldcarfans Ford patenkan transmisi otomatis 11-percepatan.

Seperti dilansir Autoguide, pekan lalu, ada data dalam dokumen yang menjelaskan akan ada tiga konfigurasi transmisi hasil dari kombinasi gigi, kopling, dan rem.

Juru bicara Ford, Paul Seredynski, belum pasti menyatakan kebenaran berita ini. Paul hanya mengatakan pengajuan paten untuk ide inovatif merupakan kejadian normal dalam bisnis otomotif.

“Mengajukan paten membantu melindungi ide-ide baru, tetapi tidak selalu menunjukan bisnis atau produk rencana masa depan,” tulis Seredynski dalam pernyataan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com