Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Ranger Wildtrak Anti-glamor

Kompas.com - 09/04/2015, 18:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Sosok Ranger Wildtrak A/T yang mejeng di booth Ford saat Pameran Otomotif Medan 2015 tampil lebih perkasa dibanding aslinya. Ternyata, mobil ini adalah versi modifikasi yang disuguhkan dealer Ford di Medan, Auto Kencana Andalas (AKA), untuk menggoda pengunjung selama lima hari pameran (8-12 April 2015).

Ranger Wildtrak tampil eksentrik dengan gaya off-road, lebih mencolok dibanding dua model andalan Ford lainnya yang melantai, yaitu hatchback Fiesta dan crossover EcoSport. Tak ada kesan mewah, yang ada justru tampang gagah.

Dibanding desain Wildtrak standar, perbedaan paling kentara di bagian gril, tak ada lagi gelimang mewah elemen krom, tetapi diganti pelat hitam dof dengan tulisan “Ford” berukuran besar. Dengan begitu, tampangnya jadi sedikit mirip Ford Ranger Raptor.

Febri Ardani Ford Ranger Wildtrak

Bemper depan dan belakang tak lagi plastik, tetapi disubstitusi bahan metal. Berkat penggantian itu, sudut approach dan departure lebih besar, sangat berguna untuk tanjakan dan turunan ekstrem medan off-road.

Dari penjelasan AKA, masih ada perbedaan lain, di antaranya muncul talang air di semua pintu dan pijakan kaki lebih tebal, spoiler kap mesin, dan towing di belakang. Semua ornamen tambahan dan pengganti bermerek Forest Australian 4X4 Equipments yang didapat dari penyuplai lokal.

Febri Ardani Ford Ranger Wildtrak

“Ini adalah contoh modifikasi yang kami lakukan, paket ini hanya ada di Medan. Kalau ada konsumen yang mau beli, bisa kami sediakan, paket harganya sekitar Rp 20 juta,” ujar John Henry, Manajer Cabang AKA, kepada KompasOtomotif, Rabu (9/4/2015).

Di Medan, versi standar Ford Ranger Wildtrak A/T dijual Rp 448,7 juta, lebih mahal Rp 6,4 juta dari Jakarta. Sama seperti varian lainnya, tenaga dihasilkan mesin diesel 2.2L Duratorq TDCi plus turbo sebesar 150 PS dan torsi 375 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com