Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Raih World’s Most Ethical Companies 2015

Kompas.com - 12/03/2015, 15:09 WIB
Eka

Penulis

Dearborn, KompasOtomotif- Ethisphere Institute, organisasi yang bergerak dibidang penyedia verifikasi independen terkemuka, menobatkan Ford sebagai World’s Most Ethical Companies 2015. Merek asal Amerika Serikat tersebut merupakan satu-satunya kandidat produsen mobil yang berhasil menerima penghargaan tersebut.

Penilaian terdiri dari beberapa aspek, etika dan program kepatuhan, corporate citizenship dan tanggung jawab perusahaan, budaya etika, tata kelola, kepemimpinan, inovasi, dan reputasi.  Menurut Ethisphere Institute, Ford unggul dalam aspek tersebut.

Konsistensi Ford dalam aspek tersebut menunjukkan bahwa pihaknya melakukan bisnis bukan hanya sekedar mencari provit semata. Namun diselaraskan dengan produk dan layanan yang diberikan.

Bill Ford, Executive Chairman Ford Motor Company menjelaskan melalui rilis yang diterima redalsi, (12/3/2015), "Penghargaan ini merayakan bagaimana kami melakukan bisnis dengan benar dan membuat pilihan tepat setiap harinya."

Bill juga mengatakan Ford bersungguh-sungguh dalam menjunjung tinggi etika dan corporate citizenship.

"Etika dan corporate citizenship adalah faktor penting yang mempengaruhi reputasi dan kesuksesan perusahaan, dan kami sangat bangga karena Ford adalah satu-satunya produsen mobil yang menerima kehormatan ini selama enam tahun berturut-turut." Ujar Bill.

Penghargaan ini juga menjadi salah satu riset bahwa etika dan kepercayaan mempunyai peran dalam keputusan membeli pelanggan. Karena sekitar 53 persen publik Amerika akan menelisik sejarah dan prestasi suatu perusahaan sebelum menjadikan perusahaan tersebut sebagai rekan bisnis, seperti dirilis dari Harris Poll Reputation Quotient 2015.

Ford memandang hal ini menjadi tren yang terjadi di kalangan konsumen, terutama generasi Z atau mereka yang lahir setelah 1993. Ada 53 persen mengatakan bahwa mereka ingin memberikan dampak pada dunia dibandingkan dengan rekan-rekan mereka dari generasi Millenial, dan mereka melakukan bisnis dengan perusahaan yang menjunjung nilai yang sama dengan mereka,dirilis dari  firma riset Sparks & Honey.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com