Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Xenia Indonesia Club

Komunitas Avanza-Xenia Tularkan Ilmu Berkendara

Kompas.com - 12/03/2015, 09:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tingkat kepemilikan mobil yang tinggi ditambah keraguan masyarakat menggunakan transportasi publik, membuat komunitas Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC) bergerak peduli. Caranya, berbagi ilmu berkendara yang baik lewat kegiatan “road show” Safety Driving Short Course di berbagai kota besar di Indonesia.

Menurut rencana aktifitas bakal digelar di Jakarta pada 14 Maret, Bandung 11 April, Semarang 9 Mei, dan ditutup di Surabaya pada 6 Juni. AXIC mengatakan agenda ini juga digagas dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan ke-70.

Ketua Umum PP AXIC Darlan Nuryandi menjelaskan, komunitas ingin memberikan kontribusi nyata. Selama ini budaya berlalu lintas masyarakat dinilai masih kurang peduli keselamatan, penyebabnya disiplin dan pengetahuan tentang kemampuan berkendara minim.

AXIC melansir data Kepolisian Republik Indonesia, disebutkan pada 2014 tercatat 73 orang meninggal setiap hari akibat kecelakaan lalu lintas, angka itu belum termasuk korban luka ringan dan berat. Kekhawatiran terus muncul sebab di jalan sekarang ada tambahan 1,2 juta unit mobil baru, hasil penjualan mobil pada 2014.

“Kampanye keselamatan berkendara ini sejalan dengan visi dan misi AXIC sejak didirikan 10 tahun lalu. AXIC merupakan salah satu club otomotif pertama yang secara konsisten melakukan kampanye safety driving ini lewat empat pilar keep smart driving-nya, yakni Antibahu Jalan Tol, Seatbelt for All, No Hazard; Just  For Emergency Only, dan No Texting While Driving,” ujar Darlan Nuryandi dari siaran persnya, Rabu (11/3/2015).

Selama penyelenggaraan Safety Driving Short Course, AXIC mengundang 15 komunitas mobil dan bekerja sama dengan jaringan dealer utama Toyota di daerah. Harapannya kegiatan pelatihan kemampuan berkendaraan bisa efektif dan bisa berkontribusi menekan kasus kecelakaan lalu lintas di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com