Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garansindo Siapkan Rp 100 Miliar untuk Esemka

Kompas.com - 27/02/2015, 09:06 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Garansindo Inter Global (GIG) menyatakan siap bila diminta mengguyurkan investasi untuk pengembangan produk mobil anak bangsa, Esemka. Pernyataan ini diungkap bos GIG Muhammad Al Abdullah, Kamis (26/2/2015) menanggapi kabar pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan menteri terkait dan perwakilan Esemka.

Al Abdullah menjelaskan bahwa Presiden Jokowi ingin Esemka dikembangkan menjadi kendaraan rakyat untuk kebutuhan pedesaan atau perkebunan. Konsep Esemka akan dibuat beda dari merek otomotif asing di Indonesia. Mobil hasil rakitan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini akan mengincar marketshare tertentu dan bukan untuk menjadi pesaing otomotif dunia.

Perwakilan Esemka mengungkap butuh bantuan untuk pengembangan produk, dijelaskan walau hanya perkiraan awal butuh setidaknya butuh dana segar Rp 100 miliar.

“Rp 100 miliar kami siap. Saya setuju sekali dengan ucapan Menko Perekonomian Sofyan Djalil yang menyebutkan kalau mau menyaingi pabrikan dunia memang sudah telat. Saya mau investasi, diajak join sama Esemka kami siap. Saya mau ketemu dengan pihak Esemka dan Menteri Perindustrian Saleh Husein, untuk mematangkan rencana,” tegas Al Abdullah.

Harapannya pernyataan ini ditanggapi positif oleh pihak terkait, tujuan besarnya memajukan otomotif hasil bumi Indonesia. GIG punya jam terbang tinggi di mobil premium, di Indonesia perusahaan ini memegang merek Fiat-Chrysler dan sepeda motor listrik Zero.

Dari kacamata pebisnis, tentu GIG melihat peluang di Esemka namun Al Abdullah mengatakan kepentingan tidak semata mencari untung. “Kita harus punya visi memiliki mobil produk lokal, suatu kendaraan produksi dalam negeri dan punya anak bangsa,” kata pria yang akrab dipanggil Memet ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com