Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Bekas Incaran Para "Mahmud"

Kompas.com - 26/02/2015, 16:37 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Semakin banyaknya keluarga muda yang bermunculan saat ini berpengaruh pada tren penjualan mobil bekas (mobkas). Dengan jumlah anggota keluarga kecil, yaitu dua, tiga, atau maksimal empat orang, membuat mobil kompak jenis hatchback menjadi pilihan utama.

"Sekarang banyak 'Mahmud (mamah muda) Abas' (anak baru satu) yang mencari mobil kompak jenis hatchback. Biasanya mobil ini dijadikan pilihan kedua setelah MPV. Biar bagaimanapun juga, mobil keluarga bermuatan besar masih paling laris," beber Halomoan Fischer Lumbantoruan, General Manager Mobil88, di Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Jenis mobkas hatchback yang dimaksud Fischer ini termasuk mobil murah di dalamnya. Jadi mulai dari kelas Yaris, Jazz, Mazda2, Fiesta, kemudian menyusut ke segmen March, Mirage, Etios Valco, Sirion, lanjut ke Agya, Ayla, Brio Satya, Karimun Wagon R, dan sebagainya. 

"Biasanya mobil-mobil ini digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari mereka, mulai dari ke salon, antar anak, dan sebagainya," lanjut Fischer.

Berkat fenomena ini, Fischer tak menampik bahwa terjadi lonjakan penjualan di segmen mobkas hatchback. "Kalau dulu paling komposisi hatchback itu hanya 10 persen, sekarang sudah mencapai 15 persen. Tetapi, penjualan terbesar masih MPV, seperti Avanza dan Kijang Innova, sampai 60 persen," imbuh Fischer.

Sepanjang 2014 lalu, Mobil88 mengaku berhasil menjual 25.000 unit mobkas dan tahun ini target dinaikkan menjadi 31.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com