Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Pabrik Sepeda Motor Taiwan Rasa Indonesia

Kompas.com - 23/02/2015, 17:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Semarang, KompasOtomotif – PT Triangle Motorindo atau biasa disebut Viar Motor Indonesia (VMI) yang memproduksi sepeda motor merek Viar, memperingati ulang tahun yang ke-15, Minggu (22/2/2015), di Semarang. Selain meluncurkan model Cross X 250 SE, VMI juga mengadakan trail adventure untuk penggemar sepeda motor trail.

Di sela-sela agenda itu, VMI mengajak jurnalis dari berbagai daerah untuk mengunjungi pabrik perakitan di kawasan industri Bukit Semarang Baru (BSB). Dari area 20 hektar yang terbentang, 11 hektar dimanfaatkan untuk fasilitas produksi.

Area tersebut sudah sangat besar, cukup untuk dipakai merakit maksimal 8.000 sepeda motor per bulan. Meski demikian, produksi yang dilakukan tidak sampai jumlah itu karena alasan permintaan.

”Kami punya 3 line produksi, namun hanya dipakai 2 line saat ini. Kalau semakin banyak permintaan, line ke-3 siap digunakan,” kata Heru Sugiantoro, Manajer R&D VMI saat mendampingi jurnalis keliling pabrik.

Produksi yang rutin dilakukan saat ini adalah sepeda motor roda tiga sebagai tulang punggung penjualan selama ini. Sisanya, dipakai merakit berganti-gantian model. Saat ini sedang dikebut buat memenuhi permintaan Viar Cross X 250 SE.

Total produksi yang dilakukan saat ini mencapai 5.000 unit dalam sebulan, terdiri dari 3.000-an sepeda motor roda tiga, dan 2.000-an kendaraan roda dua.

KompasOtomotif-donny apriliananda Perakitan mesin di fasilitas pabrik milik Viar Motor Indonesia di Semarang.

Pelan

Memang jika dibandingkan dengan korporasi besar macam Honda dan Yamaha, ritme pabrik ini tak terlalu kencang. Meski demikian, hal ini menjadi salah satu kelebihan untuk mengerjakan setiap detail perakitan dengan lebih teliti.

Menurut Heru, memang masih ada beberapa sepeda motor yang mengalami masalah dalam final inspection. Namun jumlahnya tak sampai 10 persen.

”Kami memiliki banyak waktu untuk memperbaiki komponen yang bermasalah. Bahkan di perakitan engine, kami mengecek semua instrumen dengan alat khusus,” tegas Heru.

Selain line produksi, di dalam pabrik juga tersedia area pembuatan sasis sepeda motor roda tiga, pengecatan, perakitan mesin, hingga pusat suku cadang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com