Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPV Bongsor ”Empat Kaki” Mercedes-Benz

Kompas.com - 16/02/2015, 09:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Tak banyak MPV, apalagi berdimensi besar yang menerapkan teknologi penggerak empat roda. Namun bagi Mercedes-Benz, van Vito layak mendapatkannya karena acap dipakai bepergian saat Eropa sedang dilanda musim dingin. Sistem all-wheel drive akan sangat membantu MPV bongsor ini melewati salju dan jalanan licin.

Ya, Mercedes-Benz mengenalkan Vito dengan kelengkapan all-wheel drive. Diferential tengah akan mengirim torsi 45 persen ke dua ban depan, dan 55 persen ke dua kaki belakang dalam kondisi normal. Ini membuat Vito serasa mempunyai “empat kaki”, karena semua roda diputar untuk menggerakkan bodi.

Saat salah satu atau beberapa kaki kehilangan cengkeraman, Electronic Traction System secara otomatis mengaktifkan rem dan menrasfer traksi ke roda yang masih mempunyai cengkeraman dalam hitungan milidetik. Ini membuat mobil tetap melaju meski beberapa kali kehilangan traksi.

Mercedes-Benz Vito all-wheel drive hanya dijual di Jerman, dan cuma dilengkapi satu varian mesin, yakni 2.1L turbodiesel 4-silinder. Tenaga yang dimuntahkan mencapai 190 tk dengan torsi maksimal 439 Nm. Transfer tenaga itu diperantarai transmisi otomatik 7-percepatan.

Harga yang ditawarkan adalah 36.120 Euro atau sebanding dengan Rp 524 juta. Vito 4X4 dengan tenaga 134 serta 160 tk akan ditawarkan sebagai pilihan baru dalam beberapa bulan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com