Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Stagnan, Isuzu Justru Optimistis

Kompas.com - 07/02/2015, 11:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ketika asosiasi industri otomotif nasional (Gaikindo) memprediksi pasar mobil nasional bakal stagnan di level 1,2 juta unit, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) justru optimistis menghadapi tahun ini. Isuzu menargetkan penjualannya melesat 37,9 persen menjadi 39.000 unit dari perolehan 2014 yang hanya 28.278 unit.

"Salah satu alasan mengapa kita menaikkan penjualan karena tahun lalu model terbaru kami, MU-X baru efektif terjual dalam dua atau tiga bulan. Tahun ini, kami menargetkan penjualan setahun penuh, untuk itu target jadi naik," beber Supranoto Tirtodirdjojo, CEO PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation, di Jakarta, Jumat (6/2/2015).

Tahun lalu, MU-X baru terjual 464 unit, sedangkan 2015 Isuzu menargetkan bisa menjual 5.000 unit. Selain itu, Supranoto juga optimistis beberapa segmen lain yang dimasuki Isuzu berpotensi membaik tahun ini, antara lain Elf dan truk berat Giga.

"Memang tahun ini total pasarnya akan sama 1,2 juta unit, tapi komposisinya akan berubah dan Isuzu ada di segmen itu," lanjut pria yang akrab dipanggi Pram itu.

Tahun lalu, penjualan Isuzu turun 10,3 persen dari perolehan 2013, yakni 31.527 unit. Meski turun, Isuzu mengaku masih cukup puas dengan hasil yang diperoleh tahun lalu, mengingat kondisi pasar, terutama segmen komersial mengalami tekanan cukup besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com