Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Sematkan Pengontrol Kecepatan Pintar untuk CR-V

Kompas.com - 11/01/2015, 15:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

London, KompasOtomotif – Komitmen Honda menghadirkan predictive cruise control untuk salah satu model segera terwujud. Fitur pengontrol kecepatan cerdas yang sanggup mendeteksi manuver kendaraan di sekitar itu disebut i-ACC (Intelligent Adaptive Cruise Control) yang akan dipasang pada CR-V generasi baru di Eropa.

Teknologi ini dengan cerdas akan memprediksi pengendara lain yang akan ”memotong” jalan di depan mobil. Bedanya dengan pengontrol kecepatan biasa, sistem akan mengawasai manuver mobil lain dengan kamera, radar, dan algoritma khusus.

Saat kendaraan lain memotong jalur di depan mobil, sementara cruise control sedang aktif, otomatis rem akan berfungsi mengurangi kecepatan secara bertahap.

Penggunaan pengontrol kecepatan memang punya kelemahan, yakni komputer akan tetap berusaha mencapai kecepatan yang disetel apa pun kondisinya. Bahayanya adalah saat dipotong dari depan, pengemudi kurang sigap menonaktifkan cruise control, atau terlambat menginjak rem, sehingga kemungkinan menabrak cukup besar.

Honda Eropa akan membuat sensor dan kamera adaptable, sesuai dengan sisi mengemudi (setir kiri atau kanan). Dengan begitu, sistem akan otomatis menyesuaikan sisi mengemudi tanpa harus menyetel ulang. Teknologi i-ACC akan tersedia pada CR-V model 2015, disematkan untuk tipe tertinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com