Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Ajak Anak Muda Jakarta Berkontribusi Terhadap Lingkungan

Kompas.com - 07/01/2015, 14:04 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Kompetisi untuk membangun cara pandang generasi muda Indonesia memberi kontribusi langsung terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup dalam Toyota Eco Youth (TEY) mulai masuk tahap sosialisasi. Sebelumnya, kick-off ajang yang memasuki penyelenggaraan ke-9 itu sudah dilakukan di IIMS 2014 silam.

Tahapan sosialiasi sudah dilakukan di Denpasar, Surabaya, Balikpapan, dan hari ini, Rabu (7/1/2014), PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai melakukan sosialisasi di Jakarta. Sejumlah siswa dari beberapa sekolah di Jakarta dan sekitarnya berkumpul di Restoran Demang, Sarinah, Jakarta Pusat. Menyusul, enam kota lain yakni Bandung, Semarang, Yogyakarta, Manado, Makasar, dan Medan.

Keterlibatan siswa SMA/SMK di Jakarta dalam TEY ke-8 telah membawa prestasi membanggakan. Terbukti dengan terpilihnya SMA Labschool Jakarta sebagai juara ke-3 kategori social project dengan proposal "Mengatasi Pencemaran Air & Banjir di Sekitar Sekolah". Diharapkan, TEY ke-9 keterlibatan siswa SMA/SMK di Jakarta terus berlanjut.

Tahapan agenda ini adalah pengumpulan proposal yang akan ditunggu hingga akhir Januari 2015 melalui www.ecoyouthtoyota.com. Lalu tahap kedua seleksi yang aka dipilih 20 proposal terbaik. Lalu, finalis mengikuti workshop untuk dilakukan implementasi dengan masing-masing tim mendapat dana Rp 15 juta untuk menjalankan proyek.

Tahap akhir, pada April 2015, semua finalis mendapat tahap mentoring dan penjurian langsung. Lalu, pada Mei 2015, semua finalis melakukan presentasi dan diambil pemenangnya.

Aspek penilaian adalah nilai keberlanjutan atas ide setelah diimplementasikan, lalu manfaat atau solusi bagi lingkungan sekitar atas masalah yang dipetakan. Pelibatan masyarakat dan orisinalitas ide juga memberi kontribusi penilaian.

Total hadiah Rp 660 juta menanti untuk para pemenang di dua kategori, yakni social project dan science project. Pemenang terbaik akan mendapat paket perjalanan ke Jepang.

"Semoga TEY ke-9 menjadi satu wadah ide-ide kreatif dari generasi muda, demi tercapainya upaya perbaikan dan pelestarian lingkungan di Indonesia, masa sekarang, dan masa depan," tukas Samuel Manasseh, Finance and Administration Director TAM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com