Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Pasar Mobil Nasional Suram

Kompas.com - 17/12/2014, 18:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah pasar sepeda motor memprediksi tidak akan mencapai target penjualan tahun ini, kabar suram juga datang dari industri mobil nasional. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi mengatakan, estimasi asosiasi yang ditetapkan 1,25 juta unit tidak akan tercapai tahun ini.
 
"Desember ini saja, penjualan saya prediksi hanya sekitar 90.000an unit, artinya, paling tahun ini tutup 1,20-1,22 juta saja, bisa lebih kecil dari tahun lalu," jelas Sudirman di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (17/12/2014). 
 
Sudirman menjelaskan, kebijakan pemerintah menaikkan BBM bersubsidi sontak memukul daya beli masyarakat. Selain itu, kondisi perekonomian yang semakin tidak menentu di pengujung tahun membuat pebisnis otomotif mulai berhati-hati. 
 
Melihat kinerja produksi industri otomotif nasional, lanjut Sudirman, dengan pasar tahun ini estimasi 1,22 juta unit ditambah ekspor sekitar 200.000 unit, maka kapasitas yang digunakan 1,42 juta unit. Sedangkan, sampai Februari 2015 masih ada penambahan kapasitas pabrik beberapa anggota Gaikindo, sehingga kekuatan produksi mobil nasional mencapai 2 juta unit.
 
"Artinya, kapasitas kita (Indonesia) yang terpakai hanya 70-75 persen, jadi sebenarnya masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pasar dan ekspor," tutup Sudirman.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com