Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaingan Pasar Mobil Nasional "Mencekam"

Kompas.com - 16/07/2014, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Peta persaingan di pasar mobil nasional terus mencekam. Hampir semua merek yang berjualan berlomba-lomba menggulirkan promosi penjualan. Akibatnya, perang diskon terjadi karena persaingan yang semakin ketat.

"Masalahnya, jumlah wholesale (penjualan dari pabrik ke dealer) paruh pertama tahun ini relatif sama seperti tahun lalu, tapi ritelnya (dealer ke konsumen) turun. Kondisi diperparah dengan banyaknya model baru yang dilepas ke pasar," jelas Johnny Darmawan, Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2014).

Menurut Johnny, persaingan terberat saat ini tengah dialami segmen kendaraan multi guna bawah (LMPV) yang diisi beberapa model andalan, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Nissan Evalia, dan Honda Mobilio. Maklum saja, segmen kendaraan ini menyumbang porsi penjualan terbesar terhadap total pasar mobil nasional.

Pemilu
Meski lagi tertekan, Johnny masih optimis kalau pasar mobil Indonesia akan melaju tahun ini. Dengan catatan, Indonesia bisa melalui proses pemilu presiden yang saat ini tengah berlangsung dalam kondisi  aman.

"Kalau pemilu ini aman saja, saya yakin pasar akan capai 1,3 juta unit tahun ini. Jadi, kita sama-sama berdoa, mudah-mudahan semuanya lancar," tukas Johnny.

Data wholesale Gaikindo, total penjualan mobil pada semester pertama tahun ini tercatat 642.311 unit. Sedangkan, total 2013 tercatat 1,2 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com