Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilar "Transparan" Hasil Pengembangan Jaguar-Land Rover

Kompas.com - 16/12/2014, 13:20 WIB

Whitley, KompasOtomotif – Jaguar-Land Rover merilis hasil proyek pengembangan teknologi yang menawarkan view 360 derajat untuk pengemudi. Teknologi ini membuat pilar A, B, dan C tak lagi menghalangi pandangan, secara otomatis menghilangkan blind spot.

Layar akan dipasang pada permukaan semua pilar bagian dalam, lalu menayangkan video secara langsung dari kamera angle tertentu. Sepintas pilar tampak seperti transparan dan pengemudi bisa melihat objek di luar mobil tanpa penghalang.

Pejalan kaki, pesepeda, dan kendaraan lain, akan dengan mudah dilihat di sekeliling mobil, dibantu dengan peringatan-peringatan yang muncul pada head-up display.

Saat pengemudi terindikasi akan membelok, dengan ciri-ciri memalingkan kepala melihat arah kanan atau kiri, sistem akan otomatis membuat pilar B menjadi ”transparan”. Begitu juga jika akan memarkir dan menengok ke belakang, pilar C yang akan ”hilang”.

Indianautosblog Follow-Me Ghost Car, seperti di video game, akan menuntun pengemudi sesuai arah yang dituju.

Dr Wolfgang Epple, Director of Research and Technology Jaguar-Land Rover mengatakan bahwa tujuan utama diciptakan teknologi ini adalah mengurangi kecelakaan dan memberikan pengalaman mengemudi di perkotaan yang nyaman.

”Jika kita bisa menjaga mata pengemudi ke depan, lalu menyajikan informasi dengan cara yang tidak mengganggu, kita membantu pengemudi membuat keputusan lebih baik dalam lingkungan mengemudi yang paling melelahkan dan padat,” jelas Dr Epple.

Tambahan
Teknologi itu semakin lengkap dengan tambahan Virtual Urban Windscreen, yang terkoneksi dengan Cloud. Mobil akan terhubung dengan fasilitas dan bangunan di sekitar mobil. Teknologi akan menampilkan semua informasi yang dibutuhkan, misalnya SPBU lengkap dengan harga bahan bakar, tempat parkir yang tersisa dan biayanya, sampai nama tempat perbelanjaan dan jalan.

Yang menarik, Jaguar-Land Rover menawarkan fitur navigasi dengan menampilkan ”Follow-Me Ghost Car” atau semacam ”mobil hantu” transparan muncul di layar pengemudi untuk memandu ke jalan yang dituju.

Lebih detail, simak video berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com