Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Ahooy Geboy Pimpinan Edwin-Jhody Beri Contoh Soal Empati

Kompas.com - 14/12/2014, 13:07 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Ahooy Geboy, komunitas sepeda motor yang dipimpin dua komedian, Jhody dan Edwin, mengajak ratusan biker dari beragam komunitas melakukan touring bersama sembari mengundang 100 anak yatim piatu bermain di wahana Jungleland Adventure Theme Park di kawasan Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/12/2014).

Kegiatan yang dihelat untuk memperingati setahun berdirinya Ahooy Geboy itu merupakan bentuk sosial komunitas-komunitas sepeda motor mewujudkan mimpi anak-anak kurang beruntung meraih hiburan dan kesenangan. Ulang tahun Ahooy Geboy sendiri jatuh dua hari sebelumnya, yakni Kamis, 11 Desember 2014.

Lebih dari 100 anak yatim yang diboyong Ahooy Geboy diambil dari tiga desa di sekeliling Jungleland Adventure Theme Park, yaitu Bojong Koneng, Karang Tengah, dan Babakan Madang. Mereka dibiayai oleh beberapa orang tua asuh yang berasal dari Ahooy Geboy dan anggota komunitas sepeda motor lain yang bergabung di acara ulang tahun tersebut.

"Mereka ini benar-benar anak yatim, bukan anak-anak terlantar yang dititipkan ke panti asuhan. Kami mengambil mereka satu per satu dari rumahnya mengacu pada data dari RT dan kelurahan," kata Jhody, Perdana Menteri Ahooy Geboy, dalam siaran resminya (13/12/2014).

Ahooy Geboy Anggota komuintas Ahooy Geboy menuju wahana wisata Jungleland, Bogor.

Memberi contoh
Ditambahkan, selain memberikan kesempatan bermain gratis di Jungleland, Ahooy Geboy dan para donatur ikut menyalurkan uang saku, makan sepuasnya, dan bingkisan dalam sebuah tas sekolah kepada anak-anak yatim.

Dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak yatim bermain di Jungleland berarti Ahooy Geboy telah memberi contoh kepada komunitas sepeda motor lain akan pentingnya memiliki empati terhadap kaum tak mampu.

"Biasanya anak-anak motor cuma kumpul untuk kesenangan mereka sendiri. Mereka harus ingat bahwa di tengah kesenangan kita ada anak-anak bermimpi bisa bermain di tempat anak-anak orang mampu. Kami percaya, memberikan kesempatan kepada anak-anak yatim bermain di wahana canggih bisa memupuk semangat mereka untuk membangun rasa percaya diri. Biar mereka tahu bahwa mereka sejajar dengan semua anak-anak di dunia," lanjut Jodhy.

Pada awal pendirian, Ahooy Geboy menetapkan jumlah anggota sebanyak 12 orang, termasuk Jhody dan Edwin yang menjabat ”Perdana Menteri”. Sementara sepuluh anggota lain, yaitu Kamal Firhat, Afif Anwari, Cefi Duff, Irang Arkad, Takaeda, Gunawan Wardani, Berlin Sumadi, Adam Evert, Rizki Nawawi, dan Dedi Setiawan menjabat sebagai ”Presiden”. Mereka memiliki latar belakang bervariasi, mulai dari musisi, pengusaha, modifikator, polisi, hingga pekerja kantoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com