Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mudah Memanjakan Telinga di Kabin Mobil

Kompas.com - 11/12/2014, 11:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ada cara lain memaksimalkan sistem hiburan kabin mobil. Masalahnya. mobil model terbaru sudah dilengkapi dengan head unit yang memiliki fitur canggih. Sehingga beberapa modifikator audio sulit "berkutik".

Kendati demikian selalu ada jalan keluar. Seperti yang dilakukan pada Toyota All-New Yaris. Langkahnya pun cukup mudah tanpa mengganti head unit standar. Untuk memanjakan telinga di kabin cukup mengganti komponen pelengkap audio. Seperti yang diutarakan gerai audio Vivre, di Kemayoran, pada dasarnya mengubah sistem audio pada Yaris terbaru untuk harian tidak terlalu sulit.

Bos Vivre, Eddy menjelaskan, pertama yang perlu diganti adalah speaker depan, bisa pakai model split two way yang berarti komposisi woofer, tweeter, dan crossover terpisah. Setelah itu siapkan power amplifier setidaknya empat channel untuk speaker dan tambahan subwoofer di belakang.

“Ukuran speaker tergantung ‘medan perang’, mau suara seperti apa? Kalau harian subwoofer 10 inci sudah cukup buat kabin, tapi kalau mau dentuman lebih 'wah' bisa 12 inci,” kata Eddy pekan lalu.

Paket
Kalau tidak mau pusing, lanjut Eddy, kini sudah banyak gerai yang menawarkan paket audio dengan harga sesuai kantong. Di Vivre juga tersedia paket, namun dibedakan sesuai merek-merek produk. Harga terendah berisi produk seperti yang disebutkan di atas bisa didapatkan mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta. Untuk kelas menengah tersedia mulai Rp 5,5 juta ke atas. Seluruh harga termasuk biaya pemasangan.

“Kalau masih harian cari yang yang tidak terlalu mahal, menengah ke bawah saja. Kalau ada yang ingin mengganti head unit Yaris baru biasanya memang hobi sound system, mereka mungkin belum puas dengan hasil yang ada. Tapi saya ingatkan, kalau ganti head unit itu ibarat mengganti jantung,” tutup Eddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com