Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabin All-New Yaris Goda Fantasi Pemilik

Kompas.com - 04/12/2014, 11:44 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tidak cukup mengagumi Toyota All-New Yaris hanya melihat penampilan luar saja. Segala perubahan ke arah yang lebih baik juga bisa dipandangi oleh mata penumpang termasuk dari dalam kabin. Rancang desain Yaris generasi keempat dianggap “netral”, menjangkau semua selera.

Menurut penuturan Edy, bos rumah modifikasi spesialis interior Vertue Concept, peralihan desain interior Yaris generasi keempat ini dibanding sebelumnya sangat memudahkan aneka aplikasi modifikasi. Salah satu faktor pendukung dinilai dari padanan warna yang kini lebih banyak menggunakan warna hitam.

“Konsepnya netral, main aman seperti pada dashboard, jok, dan door trim, kalau panel control futuristik modern jadi sebenarnya mau dibikin elegan bisa, sporty juga bisa. Ini mobil memang dibuat untuk personalisasi konsumen, tanpa batas imajinasi,” ujar Edy, Rabu (3/12/2014).

Vertue Concept Hasil modifikasi Vertue Concept pada jok All-New Yaris.

Edy mengaku sudah pernah menggarap enam unit Yaris terbaru dengan berbagai gaya modifikasi. Dia pun memberikan tips untuk pemilik yang bisa menggiring personalisasi All-New Yaris memenuhi hasrat.

Pertama ditetapkan dulu soal pemilihan rasa, meski bisa menjurus ke dua konsep lebih baik ada satu yang dominan, nyaman ala elegan atau gairah performa berbau sporty. Untuk elegan, kata Edy, hindari warna-warna terang seperti kuning, merah, atau kuning, sebagai penggantinya bisa memakai peach, tan, cognac, atau coklat tua. Semua warna ini bisa disesuaikan dengan warna interior hitam milik All-New Yaris.

Febri Ardani Macam-macam tipe jok dan jahitan.

Untuk model jok elegan bisa tetap menggunakan tipe standar namun desain pelapisnya diganti warna mengikuti dasbor dan door trim. Bisa juga ditambahkan akesntuasi kerut atau block. Selain itu tambahkan detail seperti gorden alias tirai buat kaca atau wood panel. “Detail kecil seperti ini memengaruhi keseluruhan,” kata Edy.

Febri Ardani Aneka corak pelapis pada interior mobil.

Untuk konsep sporty, arahnya kebalikan dengan elegan, warna yang bisa dipakai menjurus terang. Sementara material pelapis mengarah ke pemilihan bahan seperti suede atau karbon. Pada desain jok masih bisa menggunakan desain standar namun pelapisnya menggunakan tipe diamond cut untuk menegaskan rasa sport. Detail tambahan, panel karbon, cover pedal sport, atau yang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com