Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy S 500 L Rakitan Lokal Lebih Murah Rp 1 Miliar

Kompas.com - 27/11/2014, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kuta, KompasOtomotif – Kendati sudah merakit (CKD atau complete knock down) S-Class di dalam negeri, Mercedes-Benz Indonesia (MBI) mengatakan versi CBU model kasta tertinggi di Tanah Air itu masih tersedia untuk dipinang konsumen. Meski dari sisi harga terpaut signifikan, MBI mengatakan masih ada peminat unit CBU.

Di Indonesia, CKD S-Class ditawarkan dalam dua varian yaitu S 400 L Exclusive seharga Rp 2,089 miliar dan S 500 L yang dibanderol Rp 3,39 miliar. “CBU masih bisa dibeli, untuk S 400 L Exclusive Rp 2,379 miliar dan S 500 L Rp 4,569 miliar,” kata Yudi Lesmana, Departement Manager Product Management Mercedes-Benz Indonesia (MBI) dalam presentasi produk S-Class di Kuta, Rabu (26/2014). Seluruh harga berlaku off the road.

Dengan begitu unit CKD S 400 L Exclusive yang dirakit di pabrik MBI, Wanaherang, Gunung Putri, Bogor Jawa Barat, lebih murah Rp 290 juta dari unit impor. Namun yang lebih mencengangkan, dengan sistem CKD di pabrik yang sama harga unit S 500 L bisa dipangkas lebih dari Rp 1 miliar dari unit CBU.  Meski terpaut sangat jauh, Yudi mengatakan permintaan unit CBU S-Class tetap ada.

MBI menggambarkan S-Class merupakan ikonis kemewahan Mercedes-Benz. Kebanyakan pembelinya memang konsumen premium yang ingin memiliki kendaraan kelas atas yang mampu merepresentasikan status sosial.

Elvera N. Makki Deputy Director Corporate Communication & Public Affairs MBI menjelaskan setiap model yang ditawarkan perusahaan didasari kebutuhan pasar. “Apa yang kami tawarkan sesuai keinginan konsumen. Saya yakin konsumen pasti memilih versi CKD karena lebih kompetitif,” ucap Elvera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com