Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand "Tidak Kenal" BBM Jenis Premium

Kompas.com - 23/11/2014, 09:41 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif - Saat ini Indonesia masih menjual bahan bakar dengan oktan di bawah 90. Bahan bakar tersebut kita kenal dengan istilah Premium. Hampir semua SPBU di Indonesia menjual Premium, yang memiliki oktan 88. Namun jangan harap akan menemukan bahan bakar jenis tersebut di Thailand.

KompasOtomotif berkesempatan berkunjung ke negeri Gajah Putih itu bersama dengan rombongan YSS. Dalam perjalanan dari Bangkok ke Buriram, Jumat (21/11/2014), di tengah perjalanan rombongan singgah di salah satu SPBU milik PTT (Pertamina Thailand).

Di tempat tersebut, bahan bakar yang tersedia untuk kendaraan bermesin bensin hanya bahan bakar dengan oktan 92 (setara Pertamax) dan oktan 95 (setara Pertamax plus). Bahan bakar dengan RON 92 dijual seharga 32,89 baht, yang setara dengan Rp 12.155. Sedangkan bahan bakar dengan oktan 95 dijual dengan harga 34.91 baht, atau setara dengan Rp 12.900.

Sementara itu, bahan bakar untuk kendaraan bermesin diesel (solar) dijual seharga 29.70 Baht, atau setara Rp 10.977.

Satu jenis bahan bakar lainnya adalah bahan bakar jenis Etanol. Di Thailand, bahan bakar jenis ini dijual seharga 31,59 Baht, atau setara  Rp 11.675.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com