Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Elemen Kejutan di Kabin Veloz

Kompas.com - 17/09/2014, 14:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Garapan minimalis dan klimis mencuatkan elegansi penampilan Avanza Veloz milik Didy Soenaryadi ketua Veloz Community (Velozity). Konsep keseluruhan sengaja dibuat sederhana dan berkualitas, namun sebenarnya personalisasi yang telah dilakukan punya elemen kejutan di kabin.

Spesifikasi interior Veloz memang sudah menunjang, tapi ruang yang menjadi tempat paling banyak menghabiskan waktu sepanjang perjalanan ini dibuat semakin nyaman. Didy mengatakan selain menambah pernak-pernik, fokus perubahan ada pada sistem audio.

Roderick A. Moses/KompasOtomotif Ruang kabin tampil maksimal

Rancangan sistem dibuat lebih mementingkan kualitas suara, mengarah ke aliran Sound Quality Low (SQL). Berbagai perubahan telah diterapkan, seperti mengganti headunit, tipe speaker depan dan menambah dua subwoofer yang diletakan di bagasi lengkap dengan paket kosmetik. Komposisi suarajuga sudah diatur untuk menciptakan rasa seperti mendengarkan konser live.

“Suaranya bukan untuk gaya-gayaan tapi kepuasan. Dibuat agar perpisahan suara jelas, saya mau semua instrumen terdengar jelas. Kalau dilihat memang sepintas biasa, tapi kualitas suara boleh diadu,” kata Didy, Senin (16/9/2014).

Bukti keseriusan, total dana yang digelontorkan mencapai Rp 60 juta. Didy malu-malu membeberkan spesifikasi sistem audio miliknya, namun ia mengatakan pemilihan piranti juga menjadi salah satu faktor penting sebab harga mahal tidak selalu jaminan kualitas.

Roderick A. Moses/KompasOtomotif Kualitas suara dengan konsep Sound Quality Loud

“Audio kalau setting-nya tidak pas hasilnya juga tidak stabil,” timpal Didy. Kini hasil suara yang dihasilkan memuaskan selera telinga yang suka mendengarkan lantunan lagu berkarakter audiophile dari Compact Disc.

Komunitas
MenurutDidy ada banyak cara meningkatkan kualitas personalisasi Veloz seperti yang ia lakukan. Salah satu jalan ingin punya banyak ilmu dengan cara menjadi bagian Velozity. Ia mengatakan ada tiga alasan orang mau menjadi anggota komunitas, yakni mencari teman baru, kenyamanan, dan cari informasi tentang kendaraannya. Ketiganya bisa didapatkan di Velozity.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com