Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Corvette Stingray Terlarang di Korea Selatan

Kompas.com - 13/11/2014, 15:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Seoul, KompasOtomotif - General Motors sepertinya sulit untuk memasarkan mobil sport andalannya, Corvette Stingray di Korea Selatan. Pasalnya, negara itu melarang pemasaran Corvette dianggap melanggar regulasi suara. Regulasi ini terdengar seperti diskriminasi yang dilakukan pelaku faham Komunis.

"Peluncuran generasi ketujuh Corvette harus ditunda karena regulasi suara otomotif. Meskipun peraturan itu bisa menjadi keuntungan bagi industri dalam jangka pendek, tetapi bagaimana jika berlangsung lama," jelas Sergio Rocha, Chief Executive Officer Chevrolet Korea dilansir Autoevolution (12/11/2014).

Peraturan
Rocha memastikan, kalau sampai di cap Komunis akan menjadi hal terakhir yang ingin didengar oleh pihak berwenang Korsel. "Tapi, hukum itu memang terdengar seperti itu, bagi saya," gurau Rocha ketika ditanya sejumlah wartawan.

Lantas, lanjut Rocha, apakah nanti akan ada pembatasan mobil dengan plat nomor yang berbeda dan harus dikendarai pada hari yang ditentukan? Terkait hal ini, Rocha mencontohkan Kota Paris yang sudah mencoba hal seperti ini awal tahun ini, hanya berakibat penurunan setelah peraturan resmi diterapkan. Tapi, itu bukan menjadi hukum berbau komunis pertama yang saya ketahui dalam beberapa tahun terakhir di Perancis.

Peraturan ini sepertinya cukup membuat frustasi GM di Korsel. Pasalnya, produsen mobil terbesar dari Amerika Serikat itu merupakan pemain utama di Negeri Gingseng itu. Sebut saja, beberapa model seperti Aveo, Spark, Trax, dan Cruze, semuanya dikembangkan dan diproduksi di Korsel. GM bahkan memproduksi Malibu dan Camaro khusus untuk memasok pasar domestik.

Jadi, komentar yang dilayangkan Rocha terdengar bukan seperti gurauan belaka. Lagi pula, setelah semua pekerjaan insinyur GM yang dikerahkan untuk Corvette, Rocha seharusnya memperoleh medali diplomatik karena keahliannya.

Bertolak belakang
Peraturan ini juga dianggap bertolak belakang dengan kondisi industri sebenarnya. Pasalnya, produsen otomotif lokal seperti Hyundai juga tengah berusaha menuju puncak tangga persaingan industri global. Hyundai saat ini tengah mencoba mengembangkan mobil sport, dengan menciptakan Divisi N dan mengujinya di Nurburgring.

Di sisi lain, penjualan Corvette sebelumnya yang minim di Korsel, juga menjadi alasan mengapa GM tidak melobi kebijakkan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com