Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesia Motorcycle Show 2014

Jatuh Hati dengan Honda SFA Concept

Kompas.com - 02/11/2014, 08:00 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Di antara sepeda motor produksi, modifikasi, moge, dan tunggangan balap, menyeruak sosok yang memancarkan daya tarik sangat tinggi di booth Honda dalam Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014. Dia adalah SFA Concept, dipajang sendirian dengan pembatas kaca, seolah berperan sebagai masterpiece.

Banyak pengunjung menaruh hati pada sepeda motor sport ini. Bukan hanya karena tampangnya yang bersih dan tampan, tetapi juga bengis, rapi, sporty, sekaligus berbeda dengan motor sport lain. Salah satu pengunjung yang kesengsem itu adalah Deryl Maulana. Dirinya sempat berlama-lama memandangi tunggangan yang masuk di genre naked bike atau street bike ini, hingga akhirnya diwawancari tim survei.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Bagian belakang Honda SFA Concept, futuristik.

”Saya pikir sepeda motor modifikasi, tetapi ternyata konsep. Desainnya bikin ngiler, terutama lampu-lampunya. Kalau menurut saya, seharusnya AHM bisa memproduksi sepeda motor ini, di kelas 150 atau 250cc untuk harian,” ujar Deryl kepada KompasOtomotif (31/10/2014).

Ya, PT Astra Honda Motor memang mengadakan survei untuk mengetahui minat pengunjung IMoS terhadap SFA Concept. Survei ini nanti akan dijadikan masukan, apakah sepeda motor ini layak diproduksi massal, perlu ada perubahan, atau mungkin tidak muncul sama sekali di jalanan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda SFA Concept berkarakter sebagai naked bike.

Motor jalanan
KompasOtomotif pun mengamati detail. Secara desain, sepeda motor ini simpel sekaligus futuristik. Dari samping, desainnya menggugah selera dengan tangki yang meliuk, dipadu jok pendek dan buritan yang runcing. Lampu depan proyektor ganda didesain kotak dan bersih, sementara lampu sein diletakkan kecil di shroud (bahu).

Suspensi depan upside down, sedangkan monosoknya dipadu lengan ayun tunggal. Menariknya, boks filter udara tampak ke luar yang justru menjadi pernik unik. Buritan paling atraktif, dengan pegangan tangan (behel) yang menyatu dengan bodi. Tersmebul dua knalpot di bawah bodi, melengkapi wajahnya yang sporty.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda SFA Concept dalam detail.

Tanpa keterangan sama sekali, membuat KompasOtomotif harus menebak-nebak spesifikasi jantungnya. Tapi dari bentuk, tampak menggunakan mesin CB150R atau CBR150R, satu silinder DOHC dengan pendingin cairan. Tentu, spek mesin itu belum tentu sama dengan model yang akan diproduksi kelak.

Jika melihat respons dan antusiasme pengunjung, bisa jadi model ini akan diproduksi, meski akan ada beberapa perubahan menyesuaikan selera kebanyakan para peminat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com