Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tercepat di Dunia "Lahir" di Jerman

Kompas.com - 23/10/2014, 14:15 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Muenchen, KompasOtomotif — Produksi perdana calon mobil tercepat di dunia, Koenigsegg One:1, akhirnya resmi terdaftar di Jerman. Menurut media lokal Jerman, dilansir Inautonews pada Rabu (22/10/2014), kupe sport ini sudah didengungkan sejak Geneva Motor Show, Januari 2014 lalu, dan kini menjadi kenyataan.

Mobil tersebut sempat kesulitan mendaftarkan diri sebagai mobil produksi karena tenaga yang dihasilkan tercatat 1.341 tk. Daya ini harus dikonversi menjadi satuan kilowatt sesuai ketentuan di Jerman menjadi tepat 1.000 kW. Masalahnya, sistem komputer di negara Eropa hanya mampu mencatat tenaga mobil dengan satuan kilowatt dalam tiga digit.

Dengan demikian, penyesuaian baru dilakukan pada sistem komputer supaya bisa menerima data kekuatan Koenigsegg One:1.

Di atas kertas, Koenigsegg One:1 menawarkan tenaga lebih besar ketimbang mobil tercepat di dunia yang saat ini dipegang rekornya oleh Bugatti Veyron pada 2010 atau Hennessey Venom yang baru saja mengukuhkan diri, Februari 2014 lalu.

Motorauthority Koenigsegg One:1

Koenigsegg mengklaim, One:1 bisa digeber hingga 439,3 kpj, lebih cepat dari rekor Veyron 428 kpj dan 435,3 kpj oleh Venom. Lebih memukau lagi, dikatakan, 0-400 kpj bisa ditempuh sekitar 20 detik.

Pabrikan asal Swedia ini membekali One:1 dengan mesin V8, 5.0L dengan torsi puncak 1.371 Nm pada putaran 6.000 rpm. Kecepatan maksimumnya diklaim mencapai 450 kpj. Meski baru dipamerkan, mobil ini kabarnya sudah dipesan oleh enam orang di dunia, dengan estimasi banderol sekitar Rp 24 miliar. Hebatnya lagi, sebagian besar pemesan bakal mobil tercepat di dunia ini berasal dari China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com