Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche Bantah Ada Macan Hibrida

Kompas.com - 23/10/2014, 09:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif - Tak akan ada model hibrida Porsche selain 918, Panamera, dan Cayanne, setidaknya dalam jangka waktu dekat. Hybrid Powertrain Manager Porsche Manfred Schurmann mengindikasikan pengembangan paket sistem penggerak hibrida ke model lain Porsche tidak bisa dilakukan, termasuk untuk Macan.

“Paket itu tidak mungkin untuk Macan. Sistemnya terlalu besar,” ujar Schurmann saat memperkenalkan Cayenne S E-Hybrid, Senin (20/10/2014), seperti disitat dari Top Gear, Rabu (22/10/2014).  

Meski begitu bukan berarti Macan tak bisa dijejali teknologi hibrida, ada kemungkinan dimensi generasi terbaru sistem hibrida Porsche lebih kompak. “Sudah tentu sistem hibrida bisa masuk, tapi keputusan belum dibuat tentang versi hibrida Macan. Itu adalah pertanyaan terbuka. Tidak ada pengembangan yang dilakukan saat ini,” ujar Schurmann.

Konfirmasi itu memupuskan isu yang beredar sebelumnya, dikatakan varian Macan yang bergerak dengan dua sumber tenaga sedang dipersiapkan. Lalu bagaimana dengan rumor lawas versi hibrida pada model sport tertua Porsche, 911? Kabar ini sudah terdengar bahkan sebelum 918 Spyder diperkenalkan.

Salah satu sumber internal Porsche mengungkapkan ekspansi itu masih lama untuk menjadi nyata. Para direksi eksekutif Porsche tidak menyetujui 911 hibrida hingga 15 tahun ke depan. Keterangan lain, generasi 911 yang beredar sekarang tidak mendapatkan versi plug-in.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com