Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikritik Media dan Pemilik, Infiniti Perbaiki Kemudi Q50

Kompas.com - 02/09/2014, 10:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New York, KompasOtomotif - Infiniti bereaksi setelah banyak media dan pemilik mengkritik penggunaan sistem kemudi elektrik Direct Active Steer (DAS) pada sedan terbaru Q50. Pada 2016, sistem kemudi di setir bakal memakai teknologi “lama” berbasis hidrolik.

“Beberapa anggota dari komunitas, termasuk media, menyarankan mobil ini seharusnya punya rasa mengemudi yang mirip sedan sport G,” kata Kepala rencana pengembangan produk Infniti Keith St Clair, kepada Car and Driver, pekan lalu.

Menurutnya, perbaikan telah mulai dikerjakan. Q50 bakal dibekali power steering dengan sistem hidrolik milik G37. Fitur ini khusus buat varian yang tidak dilengkapi DAS sebagai perlengkapan standar. Namun penggantian ini baru berlaku untuk model yang dipasarkan di AS. Belum ada keterangan untuk pasar lain, termasuk Indonesia.

Febri Ardani Infiniti Q50 2.0L dan 3.5L sedang

Banyak yang mengatakan, mengemudi dengan sistem drive by wire seperti DAS mengurangi rasa sporty dan tidak presisi. Setir terlalu enteng dan menghilangkan rasa permukaan jalan. Kalkulasi keputusan pengemudi sering kali diambil dari situ, makanya buat yang belum terbiasa bisa canggung.

Pada 2016, perbaikan tidak hanya terjadi di kemudi. St Clair juga mengindikasikan Q50 akan dilengkapi dengan berbagai perubahan sasis dan penampilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com