Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba-tiba Bergerak Saat Parkir, Corolla Diperiksa

Kompas.com - 30/09/2014, 11:30 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat (AS) melakukan penyelidikan tehadap Toyota Corolla. Pemeriksaan dilakukan setelah adanya laporan mobil melaju sendiri saat posisi parkir.

NHTSA mendapat laporan dari beberapa pemilik Corolla keluaran 2010, yang mengalami kecelakaan saat parkir. Mobil bergerak di kecepatan rendah, ketika kondisi parkir dan mesin menyala. NHTSA sudah mencatat ada 163 laporan kasus serupa yang dialami pengemudi Corolla.

"Kendaraan dipanaskan selama 15 menit, saat duduk di belakang kemudi dan kaki menginjak rem, tiba-tiba mobil bergerak mundur. Pedal gas seperti bekerja sendiri, dan RPM mesin juga naik," jelas salah satu pengendara Corolla seperti dilansir Leftlanenews, Selasa (29/9/2014).

Kasus tersebut menimbulkan indikasi adanya kerusakan pada sistem gas yang dikontrol secara elektronik (ETCS-i). Sistem yang sama ditemukan pada Corolla dengan model produksi mulai 2006 sampai 2010. NHTSA berjanji akan  mengevaluasi semua keluhan sebelum menentukan apakah ini kesalahan komponen tersebut, dan bisa dilakukan perbaikan massal (recall).

Beberapa tahun lalu pabrikan asal Jepang tersebut juga mengalami masalah yang sama, hingga harus melakukan recall sampai jutaan unit. Toyota sampai harus menggelontorkan dana sebesar 1,2 miliar dollar AS untuk melakukan perbaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com