Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Jadi Karyawan Pabrik Toyota yang Andal

Kompas.com - 24/09/2014, 15:34 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - "We build people before we build product". Semangat itulah yang selalu berkumandang di lingkungan Toyota, termasuk di Tanah Air. Ketika sudah mempunyai SDM yang andal, produk terbaik akan muncul dan meningkatkan kepuasan demi pelanggan.

Nilai inilah yang coba dipelajari beberapa jurnalis ketika diajak berkunjung ke Toyota Learning Center (TLC), di pabrik 1 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat, (24/9/2014). Nilai tersebut pula yang juga diajarkan kepada seluruh karyawan pabrik, demi menciptakan mobil yang cepat, minim kesalahan, serta berkualitas dunia.

"Semangat tersebut lahir dari nilai 'respect for the people' yang merupakan salah satu pilar Toyota Way dalam pengembangan SDM. Nilai itu harus tercermin dalam setiap aktivitas dan menjadi dasar pengembangan SDM di Toyota," urai I Made Dana Tangkas, Corporate and External Affairs Director TMMIN usai memperkenalkan TLC.

Fasilitas
Di kesempatan itu, KompasOtomotif berkesempatan melihat dan mempraktikkan beberapa ketentuan dasar di pabrik, dan mengerjakannya sesuai prosedur serta standar. Pelatihan meliputi semua proses produksi mobil mulai pengelasan, pengecatan, hingga kontrol kualitas.

TLC di pabrik 1 memiliki 13 fasilitas pengembangan spirit, pengetahuan, dan kemampuan (atau disebut Dojo). Menerapkan sistem pelatihan terbaru, pusat pelatihan ini dilengkapi fasilitas simulasi mini dengan suasana seperti di pabrik sebenarnya.

Selain itu, dojo robot yang menjawab kebutuhan dan penggunaan robot di TMMIN. Menariknya, terdapat juga leader dojo untuk percepatan membentuk karakter pimpinan kerja, di area produksi. Semua unit dilatih oleh 226 pengajar yang mengantongi sertifikat Toyota Global dan Regional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com