Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peta Jalan Pengembangan SDM Toyota Indonesia

Kompas.com - 24/09/2014, 15:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) terus menambah fasilitas Toyota Learning Center (TLC), demi mempersiapkan sumber daya manusia yang siap pakai untuk menghadapi AFTA 2015. Investasi digelontor khusus, dengan target realisasi secara penuh pada 2016.

Saat ini TMMIN mempunyai dua TLC yang berlokasi di pabrik Sunter, Jakarta Utara, dan Karawang, Jawa Barat. Satu lagi akan dibangun di kompleks pabrik baru yang juga terletak di Karawang. Untuk mewujudkannya, dikucurkan investasi Rp 160 miliar, di luar komitmen investasi Toyota Motor Corporation Rp 13 triliun.

"Kami terus berkomitmen meningkatkan investasi di luar pabrik. Sumber daya manusia berkualitas dunia sangat dibutuhkan demi menghadapi era persaingan untuk MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Otomotif adalah industri yang bersaing ketat secara langsung," ujar Bob Azam, Direktur Administrasi TMMIN di TLC Karawang, (24/9/2014).

Di TMMIN, 50 persen produksi adalah untuk ekspor. Dijelaskan Bob bahwa kompetisi untuk itu semakin ketat. Tidak hanya di kawasan ASEAN, tetapi juga reginal lain seperti China, India, dan Amerika Selatan.

Soal kemampuan SDM dan standar pabrik, TMMIN akan terus mengupayakan sertifikasi global pada akhir 2015. "Kami percaya, investasi di sisi SDM akan membangun kekuatan kita di persaingan bebas. Ujungnya adalah costumer satisfaction," tukas Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com