Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Mobil Dahulu Sebelum Beli Mobil di IIMS 2014

Kompas.com - 21/09/2014, 14:06 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 memang ditujukan buat mereka yang mencari mobil impian. Namun, ada baiknya untuk mengetahui luar dalam mengenai detail mobil untuk mendapatkan kesan terbaik sebelum memutuskan membeli mobil yang diminati.

Selain penjelasan verbal dari sales, kebanyakan Agen Pemegang Merek (APM) yang ambil bagian di IIMS memberikan kesempatan kepada calon konsumen untuk menjajal mobil yang hendak dibeli. Dengan pengujian langsung ini, diharapkan pembeli bisa mendapatkan kesan berkendara dan juga mengetahui fitur-fitur yang ada di dalam mobil incaran.

Pada gelaran IIMS tahun ini, arena test drive terletak di halaman parkir utama JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Deretan mobil terbaru seperti All-New Nissan X-Trail, Kia Carens, Renault Duster, atau Isuzu MU-X tersedia di arena pengujian ini.

Peserta test drive bisa berkendara mengelilingi arena parkir sampai ke jalan raya depan JIExpo. Ada halang rintang berupa polisi tidur dan tanjakan serta turunan kecil. "Kalau belum macet seperti sekarang, mengetesnya bisa sampai ke jalan raya. Tapi, kalau sore hari biasanya sudah macet, kami akan arahkan ke dalam area parkir. Jaraknya kira-kira 2 kilometer," ujar Fajar, petugas pendaftaran, saat ditemui KompasOtomotif, Minggu (21/9/2014).

Fajar melanjutkan, biasanya pada akhir pekan peserta pengujian akan membeludak. Pada Sabtu (20/9/2014), mencapai 277 peserta. Hari ini Fajar memprediksi akan lebih banyak lagi yang mendaftar. "Disarankan jangan terlalu sore bila mau test drive, antreannya panjang. Lebih baik siang hari, tapi memang cuacanya agak panas," papar Fajar.

Pantauan KompasOtomotif, calon konsumen didampingi pramuniaga dari beragam merek berkumpul di tenda pendaftaran. Kebanyakan dari peserta adalah keluarga muda, yang memang sengaja datang ke IIMS untuk membeli mobil.

"Saya memang menunggu IIMS untuk beli Ford EcoSport. Mungkin saja diskonnya bisa lebih besar di sini, kebetulan mau beli tunai. Sekarang mau test drive dulu, tadi sekalian diajak oleh sales-nya agar lebih sreg," ujar Icuk yang didampingi istrinya saat hendak menguji EcoSport.

Calon konsumen potensial
Sementara itu, Budi, sales dari Nissan, menjelaskan, biasanya konsumen yang sampai melakukan pengujian sudah hampir pasti jadi membeli. Budi menjelaskan prosedurnya, calon konsumen mendaftar lebih dulu di booth dan memilih mobil yang akan dicoba.

"Pengunjung datang ke booth, setelah kami jelaskan mobil yang hendak dibeli, mereka akan ditawarkan untuk menguji langsung dan melakukan pendaftaran. Kami mengantar ke sini (arena test drive). Kemungkinan jadi membelinya memang besar kalau sampai melakukan pengujian, tapi memang ada saja yang batal," ujar Budi saat mengantarkan calon konsumennya mencoba All-New X-Trail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com