Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Tips Berkunjung Efektif ke IIMS 2014

Kompas.com - 20/09/2014, 12:05 WIB
Jakarta, KompasOtomotif — Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 memasuki hari ketiga, Sabtu (20/9/2014). Pada akhir pekan, biasanya jumlah pengunjung melonjak. Bagi Anda yang berniat datang ke gelaran yang diadakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, ini, ada sedikit tips agar kunjungan berlangsung efektif dan Anda pun bisa membeli kendaraan atau produk-produk lain otomotif sesuai kebutuhan.

Bila berniat mencari produk Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat, begitu masuk pintu utama JIExpo, Anda sebaiknya langsung belok kanan menuju Hall A. Namun, sebelum itu, ada produsen ban GT Radial yang akan Anda lewati. Bila sedang mencari ban, Anda bisa mampir sebentar ke stan tersebut dan mencari produk yang cocok.

Di awal Hall A, pengunjung akan langsung disambut Suzuki dan Chevrolet. Suzuki menawarkan beberapa deretan produk terbaiknya, dimulai dari LCGC Wagon R yang punya varian baru GS atau Stingray. Menurut jadwal, Suzuki pada hari ini akan meluncurkan APV Luxury terbaru.

Sementara itu, Chevrolet menghadirkan produk-produk yang sudah dikenal sebelumnya, seperti Spin, Aveo, Captiva, dan Orlando. Mereka juga memajang Corvette Stingray.

Beranjak sedikit dan masih di Hall A, ada Kia, Ford, dan Mitsubishi. Kia masih dengan Picanto Morning, Picanto, Rio, Sportage, dan Sorento. Ford mengandalkan Fiesta, Fiesta EcoBoost, Focus, dan Everest. Sementara itu, Mitsubishi menampilkan MPV terbarunya, Delica, serta Pajero Sport, Outlander Sport, dan Mirage.

Di seberang mereka ada Hyundai dengan produk lawas, seperti Grand i10, Grand Avega, Tucson, dan Santa Fe. Lalu ada juga Mazda dengan beragam varian yang dipamerkan.

Selesai di Hall A, kita bisa langsung masuk ke Hall D, yang diisi oleh empat booth besar milik Nissan-Datsun, Daihatsu, Toyota, dan Honda. Di hall ini, selain produk yang sudah biasa ditampilkan, ada juga beberapa model konsep yang dipamerkan. Tentu saja model-model konsep ini tidak dijual dan hanya dipajang.

Pengunjung juga bisa memilih produk-produk mainstream yang ditawarkan empat produsen tersebut. Di booth Honda, yang paling menarik adalah crossover terbarunya, HR-V. Sementara itu, Toyota masih dengan varian lawas, walaupun turut memajang RAV4 yang belum berstatus siap jual. Sementara itu, jika punya kesempatan mampir ke booth Nissan, Anda akan bersua All-New X-Trail atau deretan produk murah Datsun.

Hall mobil premium
Bila Anda mencari mobil-mobil premium dari brand Eropa, maka belok ke kirilah langsung dari pintu utama JIExpo dan masuk ke Hall B. Di sana, pengunjung akan disambut booth Garansindo yang berisikan produk Chrysler, Jeep, Alfa Romeo, dan juga Fiat. Di sebelahnya ada Mercedes-Benz dan Smart, sedangkan di seberangnya ada Volkswagen dan Audi.

Di mana BMW dan MINI? Tenang, dua brand mewah itu mudah dicari. Mereka terletak di stan outdoor, persis depan pintu masuk JIExpo. BMW dan MINI membuat booth mewah di bagian luar yang dibuat mirip dealer resmi. Sementara itu, di Hall C terdapat Tata Motors yang berseberangan dengan Jaguar Land Rover, lalu ada booth besar milik Subaru dan brand mewah milik Nissan, yakni Infiniti, yang terletak di ujung hall.

Kembali ke area luar ruangan, ada deretan produsen mobil niaga yang ambil bagian dalam ajang ini, seperti Isuzu, Mitsubishi, FAW, UD Truck atau Hino, dan Shacman. Ada juga produsen karoseri ternama, Adiputro dan Laksana, yang juga ambil bagian.

Hall semi-permanen tempat aksesori
Ke IIMS hanya untuk mencari aksesori atau komponen pendukung? Tenang. Anda bisa langsung ke booth semi-permanen. Lokasinya tinggal lurus dari pintu utama JIExpo, melewati stan mobil niaga. Setelahnya, Anda akan langsung bertemu hall semi-permanen.

Pelek, sistem audio, jok, body kit, alarm, sistem navigasi, tool kit, sampai lap mikrofiber, dan perlengkapan salon mobil ditawarkan di sini. Menarik bukan? Pameran ini dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com