Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir Mohamad "Ngetes" Mobil Murah Proton

Kompas.com - 15/09/2014, 17:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif — Kejutan. Kata ini menggambarkan kemunculan mobil kompak global Proton Iriz di muka umum untuk kali pertama, Minggu (14/9/2014), tepat 10 hari sebelum rencana peluncuran. Lebih mengejutkan lagi, mobil itu ternyata dikendarai oleh mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Proton.

Tampil tanpa selubung, Proton Iriz terlihat menawarkan dimensi eksterior lebih besar, baik untuk panjang dan lebarnya, dibanding Perodua Myvi atau Daihatsu Sirion. Wajah depan mobil kompak ini terlihat sporty dengan desain bemper, airdam, sepasang LED di bemper, dan gril beraksen krom. Lampunya sudah dilengkapi dengan proyektor.

Bagian belakang Iriz telihat menukik, terjal, mirip Jazz, tidak landai seperti Yaris baru. Namun, desain lampu belakangnya, yang sudah LED, cukup unik. Lampu itu diposisikan di bagian tengah sampai atas.

Bagian belakang mobil ini memiliki emblem 1.6 Premium, menunjukkan kalau model yang dites Mahathir merupakan varian termewah.

Paultan.org Dimensinya terlihat lebih besar ketimbang Daihatsu Sirion atau Perodua Myvi.

Proton sebelumnya sudah mengumumkan kisaran banderol mobil kompaknya itu, dimulai dari varian terbawah 1.3 Standar transmisi manual dengan 42.438 ringgit (Rp 157,2 juta), sampai yang termahal dengan kode 1.6 Premium bertransmisi CVT yang dibanderol 62.888 ringgit (Rp 233,2 juta).

Proton menawarkan model terbarunya ini dalam delapan varian pilihan dan tujuh warna berbeda. Untuk keselamatan, mobil ini sudah memiliki kelengkapan keselamatan elektronik standar dan diklaim meraih lima bintang dari pengujian tes tabrak ASEAN NCAP. Selain disiapkan untuk pasar domestik Malaysia, Iriz sepertinya juga siap diekspor, setidaknya ke negara tetangga, termasuk Indonesia.

Paultan.org Sosoknya mirip Daihatsu Sirion tetapi dengan berbagai perbedaan desain.

Peluncuran resmi Proton Iriz akan dilakukan pada 25 September mendatang. Setelah peluncuran, baru perusahaan akan membuka informasi lebih jelas menyangkut spesifikasi lengkap dan banderol pastinya.

Paultan.org Mantan perdana menteri Mhathir Mohamad terlihat mengemudikan model terbaru Proton.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com