Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kecil Global Proton Mulai Terkuak

Kompas.com - 26/08/2014, 14:06 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Sedikit demi sedikit mobil compact (ringkas) Proton, yang akan dijadikan model global atau kerap disebut Proton Compact Car (PCC) mulai terkuak. Setelah diawali dengan teaser lampu, kini muncul spyshoot mobil dengan kode P2-30A tersebut, yang memberikan gambar mobil secara utuh.

Dilansir funtasticko.net, Senin (25/8/2014), mobil kompak Malaysia yang rencananya akan menjadi andalan untuk berbagai negara pengimpor itu dijepret utuh, tanpa selubung. Dari foto tampak mobil sedang berada di area pabrik.

Proton menganut model ”hidung” pendek, mirip yang diadopsi Chevrolet Spark. Desainnya cukup berbeda dibandingkan dengan desain mobil Proton lainnya, dilihat dari sejumlah garis tegas pada bodi.

Dimensinya akan mirip dengan mobil kompak lainnya seperti Perodua MyVi (di Indonesia Dahaitsu Sirion), Chevy Spark, Honda Brio, Hyundai Grand i10, atau juga KIA Picanto.

Laporan terbaru mengatakan mobil ini bakal dinamai Proton Iriz. Proton bakal membekalinya dengan peranti keamanan standar yang sangat lengkap, mulai ABS, TCS, ESC, BA dan HHC (Hill Hold Assist), serta mengandalkan sasis monokok yang sudah lulus uji tabrak Euro-NCAP. Sementara detail lain belum terungkap, termasuk penggunaan mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com